FOTO: Penganut Shinto Sucikan Diri dan Jiwa Lewat Ritual Mandi Air Dingin

Mandi air dingin ini merupakan ritual yang digelar untuk menyucikan tubuh dan jiwa mereka

oleh Fatkhurroz diperbarui 13 Jan 2018, 16:00 WIB
Penganut Shinto Menyucikan Diri dan Jiwa Lewat Ritual Mandi Air Dingin di Jepang
Mandi air dingin ini merupakan ritual yang digelar untuk menyucikan tubuh dan jiwa mereka
Penganut agama Shinto melakukan mandi air dingin di Kuil Kanda, Tokyo, Jepang (13/1). Mandi air dingin ini merupakan ritual yang digelar untuk menyucikan tubuh dan jiwa mereka. (AFP Photo/Toshifumi Kitamura)
Penganut agama Shinto bersiap menyucikan tubuh dan jiwa mereka dengan mandi air dingin di Kuil Kanda, Tokyo, Jepang (13/1). Mandi air dingin ini merupakan ritual yang digelar untuk menyucikan tubuh dan jiwa mereka. (AFP Photo/Toshifumi Kitamura)
Sejumlah wanita penganut agama Shinto melakukan mandi air dingin di Kuil Kanda, Tokyo, Jepang (13/1). Upacara ini diawali dengan pemberkatan oleh pendeta. Acara dilanjutkan dengan lari pagi mengelilingi kuil. (AFP Photo/Toshifumi Kitamura)
Seorang pria penganut agama Shinto menyiramkan air dingin ke tubuhnya di Kuil Kanda, Tokyo, Jepang (13/1). Selama menjalani ritual, para peserta hanya mengenakan celana pendek atau kimono berwarna putih. (AFP Photo/Toshifumi Kitamura)
Penganut agama Shinto melakukan mandi air dingin di Kuil Kanda, Tokyo, Jepang (13/1). Upacara ini diawali dengan pemberkatan oleh pendeta. Acara dilanjutkan dengan lari pagi mengelilingi kuil. (AFP Photo/Toshifumi Kitamura)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya