Coutinho Diminta Jadi Gelandang Bertahan Liverpool

Coutinho tidak hanya piawai membantu lini serang, tapi juga bagus dalam bertahan.

oleh Raden Arya Prasetya diperbarui 17 Mei 2017, 14:10 WIB
Philippe Coutinho sudah mengemas 13 gol dari total 35 penampilan bersama Liverpool di semua kompetisi musim ini. (AFP/Paul Ellis)

Liputan6.com, Liverpool - Bek Liverpool Dejan Lovren angkat topi dan memberikan apresiasi kepada rekan setimnya, Philippe Coutinho. Itu dilakukan Lovren setelah gelandang asal Brasil tersebut mencetak dua gol yang membawa The Reds menang 4-0 atas West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion London, akhir pekan lalu.

Kehadiran Coutinho dianggap sebagai anugerah buat Liverpool. Kualitasnya memberikan keajaiban untuk lini tengah The Reds. Lovren pun menilai eks pemain Inter Milan itu sukses memberikan perbedaan dalam laga melawan West Ham.

"Kualitas kami menentukan permainan. Tetapi, Philippe tampil luar biasa pada hari itu, dia adalah perbedaan seperti yang saya katakan,” ujar Lovren.

Menurut mantan bek Southampton itu, Coutinho tidak saja piawai membantu lini serang, tapi juga bagus dalam bertahan. "Saya katakan kepadanya, ‘kamu segera menjadi gelandang bertahan!’ dan dia hanya tertawa. Itu menjelaskan semuanya. Dia bisa bermain si setiap posisi, di depan, di tengah, selayaknya pemain nomor 10. Dia benar-benar brilian," ucap Lovren.

Di mata bek asal Kroasia itu, akan sulit bagi lawan untuk menghentikan Coutinho. Satu-satunya cara membuat Coutinho berhenti bergerak hanya dengan melakukan pelanggaran. Kualitas individu Coutinho juga membuat pemain The Reds lainnya memiliki ruang terbuka untuk mencetak gol.

Pada musim ini, Coutinho sudah mengemas 13 gol dari total 35 penampilan bersama Liverpool di semua kompetisi. Sedangkan selama berkostum The Reds sejak musim 2012/13, ia sudah mencetak 41 gol dari 180 pertandingan di semua kompetisi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya