Mengenal Lampu Unik Himalayan Salt Lamps yang Menyehatkan

Meletakkan lampu himalayan salt di kamar disebut-sebut bisa membantu mengurangi kecemasan.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 03 Apr 2017, 06:48 WIB
Agar kegiatan membaca Anda tidak terganggu, siasati dengan memilih jenis lampu yang disesuaikan dengan tema kamar tidur

Liputan6.com, Jakarta Kabarnya lampu ini bukan sembarang lampu karena memiliki manfaat kesehatan. Ya, meletakkan himalayan salt lamp di kamar disebut-sebut bisa membantu mengurangi kecemasan.

Ingin tahu lebih jauh mengenai lampu ini? Simak 10 fakta himalayan salt lamp, seperti dilansir dari laman Good Housekeeping, Senin (3/4/2017).

1. Sudah ada sejak 1980-an

Ya, lampu himalayan salt ini pertama kali populer pada era '80-an. Pada waktu itu pun lampu ini telah dikenal efeknya yang menenangkan.

2. Memiliki manfaat kesehatan

Kabarnya lampu ini tak hanya memberi efek menenangkan, melainkan juga bisa membersihkan udara dalam ruang. Himalayan salt lamp dipercaya bisa menggerakkan ion negatif yang menetralisir toksin di udara yang kita hirup. Hasilnya, mood jadi lebih baik dan alergi pun reda.

3. Semakin pekat warnanya, semakin baik kualitasnya

Bila lampu himalayan salt Anda berwarna pink terang atau memiliki bayangan gelap di dalamnya, bisa jadi bahannya ditambang dari kristal garam berkualitas rendah.

4. Berisiko kebakaran

Meski memiliki manfaat kesehatan, Anda pun perlu berhati-hati saat ingin mengoleksi lampu ini. Consumer Product Safety Commission mengatakan, lampu yang dijual oleh brand Lumiere ini bisa menjadi terlalu panas, berpotensi menyebabkan syok dan kebakaran. Jadi pastikan Anda meneliti keamanannya dengan cermat sebelum membeli.

5. Jadi tren

Bila Anda membuka Instagram dan melihat tagar #Zen atau #MeTime, Anda akan mendapati banyak unggahan mengenai lampu unik ini. 

 

Menyerap debu

6. Menyerap banyak debu

Karena lampu ini melepaskan ion negatif dan menyerap kotoran di udara, tak heran bila lampu ini jadi mudah ditempeli debu dan kotoran. Jadi sebaiknya bersihkan lampu himalayan salt Anda secara rutin.

7. Bisa berkeringat

Ion negatif yang dilepaskan oleh himalayan salt lamp juga menarik kelembapan di udara. Maka tak perlu heran bila sekitar lampu Anda berair atau berembun. Untuk menghindari hal ini, letakkan lampu Anda di permukaan yang menyerap air.

8. Dijual dengan berbagai bentuk dan ukuran

Desain dan ukuran himlayan salt lamp beragam. Ada yang berbentuk kubus, heksagon, kerikil, dan lainnya.

9. Ukurannya harus disesuaikan dengan luas ruangan

Bila Anda bermaksud membersihkan udara di ruangan dengan lampu ini, sebaiknya sesuaikan ukurannya. Anda memerlukan lampu yang lebih besar untuk ruangan yang lebih luas. Begitu pun sebaliknya.

Untuk kamar tidur berukuran sedang, Anda bisa meletakkan himalayan salt lamp di salah satu sisi tempat tidur.

10. Ampuh memperbaiki mood

Warnanya yang didominasi pink dan oranye memendarkan aura tenang di sekitar rumah. Lampu ini cocok digunakan untuk lampu baca di malam hari sebelum tidur. Cahayanya yang lembut akan segera mengantar Anda ke alam mimpi.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya