Kisah Anjing yang 'Menjelma' Menjadi Karakter Star Wars

Karakter fiksi ilmiah dalam film seringkali meniru mahluk hidup yang bukan fiksi, misalnya karakter dalam serial Star Wars ini.

oleh Alexander Lumbantobing diperbarui 09 Des 2016, 18:30 WIB
Chewbacca dalam pameran di London. (Sumber The Vintage News)

Liputan6.com, Jakarta Dalam serial fiksi ilmiah Star Wars, kita mengenal sosok Chewbacca, mahluk besar berbulu tapi baik hatinya. Ia termasuk salah satu karakter fiksi yang paling disukai dalam serial tersebut.

Dalam tampilan beberapa serial Star Wars, ia digambarkan sebagai pendamping setia bagi Wookie yang berambut lebat dan kapten Han Solo. Ikatan kuat antara Chewie dan Solo sangat mirip dengan ikatan antara seekor anjing dengan pemiliknya.

[bacajuga:Baca Juga](2673078 2655902 2493969)

Dikutip dari The Vintage News pada Jumat (9/12/2016), dugaan itu tidak mengherankan karena karakter Chewbacaa didasarkan kepada seekor mahluk berbulu lainnya.

George Lucas, sutradara Star Wars, memiliki seekor anjing Alaskan Malamute yang bernama Indiana. Ia diduga menjadi dasar pemikiran terciptanya mahluk Wookie yang lembut hati.

Gagasan tercetus ketika Indiana sedang duduk di kursi penumpang dalam mobil George Lucas. Iapun mendapat ilham untuk menciptakan "kopilot berbulu" sekaligus teman setia bagi Kapten Solo.

Cuplikan tayangan Star Wars. (Sumber flickr.com/The Official Star Wars

Kata George Lucas, "Saya pernah memiliki (anjing) Alaskan Malamute ketika sedang menulis kisah film itu. Seekor anjing yang manis, ia selalu duduk di samping saya ketika saya menulis."

"Dan ketika saya menyetir berkeliling, ia duduk di kursi depan. Malamute adalah jenis anjing yang sangat besar, beratnya sekitar 130 pon (59 kilogram) dan lebih besar dari manusia, juga sangat berbulu."

"Dengan keberadaannya bersama saya, terbitlah ilham untuk memberikan Han Solo suatu sosok seperti anjing besar berbulu. Bukan benar-benar anjing, tapi cerdas."

2 dari 2 halaman

Nama Bahasa Rusia

Mendengar nama jenis anjing itu, orang bisa menyangka bahwa Malamute menjadi inspirasi bagi nama julukan Dr. Henry Walton Jones Jr. Mungkin ada benarnya.

Nama Chewbacca diduga berasal dari bahasa Rusia "chudovishye" yang berarti monster dan "sobaka" yang berarti "anjing". Digabungkan, kata itu berarti "anjing monster".

Ketika Lucas menciptakan karakter Chewbacca, bagian yang sulit adalah untuk mencari aktor yang sangat tinggi untuk memainkan peran Wookie lembut hati. Tentu saja, tidak perlu berambut lebat.

Akhirnya, terpilihlah Peter Mayhew, seorang aktor setinggi 2,2 meter untuk memainkan peran Chewie. Untuk keperluan itu, ia mengenakan 5 kostum identik terbuat dari kulit yak dan dirancang khusus baginya.

Chewbacca hadir dalam 5 di antara 7 episode Star Wars. Terima kasih, Indiana.

Jenis anjing Alaskan Malamute, anjing sumber ilham karakter Chewbacca dan Peter Mayhew, pemeran Chewbacca (Sumber Wikipedia/Luigi Novi dan Wikipedia/Richard Bartz)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya