Wiranto: ASEAN Harus Bersiap Hadapi Kejahatan Siber

Keterlibatan pemangku kepentingan yang relevan terhadap isu keamanan siber di Asia Tenggara juga jadi sorota Wiranto.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 11 Okt 2016, 15:25 WIB
Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, melakukan kunjungan ke Singapura pada Senin 10 Oktober 2016. Lawatan mantan Panglima ABRI ini ditujukan untuk menghadiri Singapore International Cyber Week dan beberapa agenda kenegaraan lainnya.

Berpidato dalam International Cyber Week, Wiranto menegaskan pentingnya kerjasama antar negara anggota ASEAN untuk mencegah dan menghadapi serangan siber.

"ASEAN sebagai suatu wilayah yang merupakan bagian dari komunitas global harus mempersiapkan diri dari serangan siber. Jangan sampai kita melihat kerusakan yang akan ditimbulkan pada kemajuan pembangunan dan ekonomi kita," ucap Wiranto dalam keterangan tertulis Kemenko Polhukam yang dimuat Liputan6.com Selasa (11/11/2016).

Ia menambahkan, kerjasama ini diyakini dapat diwujudkan dengan mengembangkan serta mengedepankan prinsip-prinsip serta norma-norma yang berlaku pada ruang siber.

"Sejak awal 2016, Indonesia telah secara aktif berpartisipasi dalam pembentukan norma-norma cyber bersama 20 negara lainnya dalam UN Government Group Expert” tambahnya.

Selain itu, keterlibatan pemangku kepentingan yang relevan terhadap isu keamanan siber di Asia Tenggara juga tidak bisa dikesampingkan.

"Ancaman siber bukan hanya pada infrastruktur pemerintahan saja, melainkan juga perusahaan, maka perlu digarisbawahi bahwa memerangi kejahatan siber merupakan tanggung jawab bersama secara global," paparnya.

"Kita dapat bekerja sama memperkuat penegakan hukum melalui peningkatan kapasitas dalam penyelidikan bersama dan digital forensic diantara badan penegakan hukum ASEAN," lanjut Menteri Wiranto.

Pernyataan Wiranto ini ditutup dengan memamparkan bahwa ASEAN telah membuat masterplan untuk mempromosikan pembangunan information and communications technology (ICT) di setiap negara anggota. Indonesia pun dipastikan akan mendukung ASEAN sebagai wilayah global hub ICT.

Selama di Singapura, Menko Polhukam dijadwalkan melakukan kunjungan kehormatan kepada PM Singapura Lee Hsien Loong, dan bertemu wakil PM Singapura, Teo Chee Hean. Menko Polhukam juga melakukan breakfast meeting dengan Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Han.

Selain itu Wiranto juga melakukan bilateral meeting dengan Menkominfo Singapura, Yacoob Ibrahim.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya