Dua Wanita yang 'Dicintai' Obama Akan Pergi ke Afrika Bersama

Istri Presiden AS dan selebritas Hollywood ini dikabarkan akan menyambangi benua Afrika pada akhir bulan Juni ini.

oleh Adanti Pradita diperbarui 16 Jun 2016, 17:00 WIB
Istri Presiden AS, Michelle Obama dan selebriti Hollywood, Meryl Streep akan berkunjung ke Benua Afrika. (sumber: People)

Liputan6.com, Washington D.C- Istri Presiden AS, Michelle Obama akan melakukan lawatan ke benua Afrika pada akhir Juni 2016 ini. Michelle dikabarkan akan ditemani oleh ibundanya, Marian Robinson, kedua anaknya, Sasha dan Malia Obama, serta seorang aktris ternama Hollywood, Meryl Streep.

Melansir dari People, kelima wanita tersebut akan menyambangi Moroko sebagai tujuan utama di wilayah benua Afrika. Di sana mereka berniat untuk mengembangkan inisiatif Let Girls Learn, sebuah gagasan yang dirancang oleh Gedung Putih untuk memacu kemajuan bidang pendidikan di belahan dunia lain.

Mereka kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Marrakesh, sebuah kota di Maroko untuk mendiskusikan tantangan-tantangan yang dihadapi wanita Afrika dalam keseharian mereka. Setelah itu, mereka akan mengunjungi ibu kota Liberia, Monrovia, untuk membicarakan tantangan di bidang pendidikan yang dihadapi oleh wanita di seluruh dunia.

Lawatan ini bukan bentuk kerja sama yang pertama bagi Michelle dan Streep. Keduanya sudah pernah bekerja sama dalam upaya memperjuangkan kesetaraan gender dan melontarkan niat mereka saat wawancara khusus untuk majalah More pada 2015 lalu.

“Kita dipandang setara dengan kaum pria. Namun, kita belum mencapai itu dalam realitanya. Untuk pertama kalinya kami merasa dibebaskan untuk memilih, untuk memimpin suatu komunitas. Tetapi pada akhirnya kami harus menghadapi segala bentuk perlawanan, baik di rumah maupun di dalam pemerintahan. Kita semua menyaksikannya di dunia perkantoran hingga Hollywood,” kata Streep, mengutip Vanity Fair, Kamis (16/6/2016).

Streep menambahkan, generasi penerus wanita dihalangi oleh sejumlah tantangan yang membuat kemajuan mereka tertahan.

“Bagaimana caranya kita membuat isu kesetaraan gender menjadi sesuatu yang bukan dipandang sebagai ancaman?” kata dia.

Semangat dan aspirasi Streep diterima baik oleh Presiden AS Barack Obama. Sang Presiden bahkan sempat menganugerahinya Medal of Freedom pada 2014 lalu.

“Saya cinta Meryl Streep. Suaminya tahu itu. Michelle juga. Dua tahun kemudian, dua wanita yang saya cintai akan melakukan lawatan ke benua Afrika bersama,” kata Obama. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya