Jelang Puasa, Harga Cabai Turun

Jelang bulan Ramadan biasanya sejumlah harga bahan pangan mengalami kenaikan. Namun, harga cabai justru turun.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 27 Mei 2016, 11:10 WIB
Jelang bulan Ramadan biasanya sejumlah harga bahan pangan mengalami kenaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang masuk bulan Ramadan biasanya sejumlah harga bahan pangan mengalami kenaikan. Namun kali ini, justru mengalami penurunan, seperti halnya harga cabai.

Dari pantauan Liputan6.com di Pasar Tegal Parang, Jakarta Selatan, harga cabai merah keriting dibanderol Rp 26 ribu per kilogram (kg). Harga itu lebih rendah jika dibandingkan beberapa minggu sebelumnya yang mencapai Rp 32 ribu per kg.

"Alhamdulillah untuk cabai malah turun, karena memang pasokannya di pasar induk lancar, dan stoknya juga ada," kata salah satu pedagang, siti (45) saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (27/5/2016).



Tak hanya jenis cabai merah keriting, harga cabai rawit merah juga turun dari sebelumnya Rp 38 ribu per kg kini menjadi Rp 30 riu per kg. Siti berharap‎ penurunan ini juga bisa terjadi di beberapa bahan pangan lainnya.

Sementara pedagang lainnya, Maryati (52) juga mengungkapkan penurunan juga terjadi untuk bawang putih. Meski masih tergolong tinggi, ia mengapresiasi penurunan harga tersebut. "Bawang putih sekarang Rp 40 ribu, lumayan ada penurunan dari beberapa minggu lalu itu bisa Rp 42ribu-50 ribu," kata dia.

Berbeda dengan Siti, Maryati justru khawatir penurunan harga bawang ini hanya bersifat sementara. Masih belum banyaknya bawang putih di tanam di Indonesia, menjadi satu pengaruh sensitif terhadap harga bawang putih itu sendiri.

Berikut harga beberapa kebutuhan pangan:

Cabai merah keriting Rp 26 ribu per kg
Cabai merah rawit Rp 30 ribu per kg
Cabai merah besar Rp 34 ribu per kg
‎Bawang merah Rp 46 ribu per kg
Bawang putih Rp 40 ribu per kg
Tomat Rp 8 ribu per kg
Kentang Rp 12 ri‎bu per kg
Kol Rp 10 ribu per kg
Daun bawang Rp 21 ribu per kg
Daging Sapi Rp 115 ribu per kg.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya