Tips Membuat Pagi Hari Lebih Menyenangkan

Bagaimana mood kita di pagi hari, biasanya akan berpengaruh sepanjang hari.

oleh Liputan6 diperbarui 29 Mei 2016, 07:19 WIB
Bagaimana mood kita di pagi hari, biasanya akan berpengaruh sepanjang hari.

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana mood kita di pagi hari, biasanya akan berpengaruh sepanjang hari. Biasanya pagi hari diisi dengan kegiatan tergesa-gesa seperti memasak, menyiapkan bekal, tidak jarang penuh argumen seperti membangunkan anak-anak dan memastikan mereka datang tepat waktu di sekolah.

Seringkali pagi hari justru membuat kita stres, padahal hal ini tidak baik untuk menjalani hari sepenuhnya. Simak tips berikut dari Rumah.com dalam membuat pagi hari lebih menyenangkan bahkan sepanjang hari.

Rencanakan di depan

Kelelahan dan disorganisir adalah dua sebab utama penyebab dari pagi hari yang stres. Rasa lelah akan memberikan dampak buruk di semua area kehidupan karena Anda tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukan semua hal.

Bila Anda salah satu dari 30% orang yang tidak memiliki tidur yang cukup (7-9 jam), hentikan kebiasaan ini. Anda tidak akan memiliki pagi yang menyenangkan jika kurang tidur. Hitung jam berapa Anda seharusnya bangun di pagi hari, dan jam berapa Anda harus sudah tidur (buat waktu tidur selama 8 jam). Dengan begini Anda bisa mengukur berapa lama aktivitas sebelum tidur bisa dilakukan seperti membaca atau menonton film.

Siapkan juga pakaian Anda untuk esok hari, termasuk pemilihan sepatu dan aksesori termasuk kunci, tas dan dompet. Jangan lupa charger handphone terlebih dahulu.

Buat hari menjadi lebih santai

Jika Anda memiliki tidur yang cukup serta persiapan yang matang, Anda tidak perlu membangunkan diri dengan menggunakan alarm yang justru malah akan membuat stres. Atur handphone Anda untuk memainkan musik favorit ketika waktu bangun tiba. Memasang lagu favorit akan membuat hari Anda menjadi lebih santai.

Lakukan sesuatu yang membuat Anda merasa dimanja

Yang dimaksud bukan ketika bangun Anda langsung pergi ke salon atau melakukan perawatan pedikur. Tapi lakukan sesuatu untuk Anda sendiri seperti berolahraga, berendam di air hangat atau membaca buku sambil meminum teh. Memulai hari dengan sesuatu yang menyenangkan, membuat Anda tidak akan kehilangan ‘me-time’. Hal ini juga akan membuat badan Anda melakukan transisi yang sesuai dari tidur ke bangun seutuhnya sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan meminimalkan stres.

Penuhi kebutuhan cairan

Beberapa orang menganggap bahwa sarapan adalah makanan terpenting dalam satu hari. Jika Anda seseorang yang wajib sarapan, siapkan sebelumnya di malam hari agar di keesokan harinya tidak memerlukan banyak waktu untuk memasaknya. Yang pasti harus dilakukan adalah, penuhi kebutuhan cairan tubuh. Setelah 7-9 jam tidur, tubuh Anda akan merasa dehidrasi, dan dehidrasi membuat merasa lelah, lemas, dan lebih cepat emosi.

Siapkan anak-anak menjadi pribadi yang mandiri

Biasakan anak-anak memiliki rutinitas yang tetap setiap harinya dan ajarkan mereka untuk melakukannya sendiri. Keahlian mereka ini akan terbawa hingga mereka dewasa nanti.

Diskusikan urutan tugas anak setiap pagi serta waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya dengan anak, seperti berpakaian, merapikan tempat tidur, gosok gigi, sarapan dan juga menyiapkan tas sekolah. Anak akan terbiasa untuk memperhatikan jam dinding dan menghitung waktu hingga waktunya berangkat sekolah.

Mita Agustina

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya