Kangen Rumah, Berikut 5 Cara Mudah untuk Mengatasinya

Banyak sekali para pelajar saat ini yang sering merasakan ‘homesick’ atau perasaan rindu akan rumah dan kampung halaman

oleh Liputan6 diperbarui 14 Nov 2015, 14:36 WIB
Banyak sekali para pelajar saat ini yang sering merasakan ‘homesick’ atau perasaan rindu akan rumah dan kampung halaman

Citizen6, Jakarta Banyak sekali para pelajar saat ini yang sering merasakan ‘homesick’ atau perasaan rindu akan rumah dan kampung halamannya, karena mereka harus pergi jauh atau merantau untuk menimba ilmu. Pelajar tersebut dapat dimulai dari jenjang SMP sampai ke jenjang perkuliahan.

Khususnya para mahasiswa yang diharuskan untuk merantau karena ingin belajar di universitas idamannya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa rindu akan rumah tersebut, berikut adalah 5 cara ampuh dalam mengatasi homesick.

1. Menyibukkan diri dengan kegiatan kampus

Banyak sekali kegiatan atau organisasi yang disediakkan oleh pihak universitas. Dengan mengikuti ekstrakurikuler, keorganisasian, atau kepanitiaan, para mahasiswa dapat menyibukkan dirinya sehingga akan sedikit lupa dengan ‘suasana rumah’. Karena, kegiatan tersebut biasanya akan menyita waktu yang cukup banyak dari para mahasiswa.

2. Mencari Pacar

Pasangan hidup adalah hal yang spesial bagi para mahasiswa, karena mereka dapat dijadikkan tempat curhat, teman berbagi, teman belajar, hingga tempat tebengan. Memiliki pacar pastinya akan mengisi waktu luang kita, seperti berpergian ke tempat wisata, menonton bioskop, makan bersama, dan masih banyak lainnya. Sehingga, kita tidak merasakan homesick.

3. Perbanyak Teman

Koneksi adalah salah satu hal penting yang harus dicapai saat kuliah, karena dengan memperbanak koneksi, kita akan mendapat kemudahan saat mencari kerja nanti. Memperbanyak teman sama dengan memperbanyak koneksi, dan biasanya teman sering juga mengajak kita untuk menjelajah, belajar atau hanya sekedar nongkrong. Melakukan hal tersebut, akan membuat pikiran kita teralihkan.

4. Menentukan garis pencapaian

Garis pencapaian dapat disebut juga dengan tujuan atau arahan dalam mencapai sesuatu. Jika seorang mahasiswa mempunyai tujuan yg jelas, maka ia akan melakukan hal-hal yang dapat menuntun ia kearah tujuannya tersebut. Seperti mendapat IP 4, untuk mencapainya seorang mahasiswa akan belajar dengan giat dan tekun, hal tersebut akan mengalihkan pikirannya akan rumah.

5. Do something you are passionate

Jika seseorang mempunyai passion akan hal tertentu, maka ia akan menjalaninya dgn sepenuh hati. Begitu pula dengan aktivitas atau kegiatan yang dicintai oleh para mahasiswa. Seperti bermain basket, futsal, tari tradisional, atau paduan suara. Mereka akan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut dengan sepenuh hati, yang dapat menyita waktu luang mereka, sehingga homesick pun tidak akan terjadi.

Itulah beberapa cara yang efektif dalam mengurangi rasa homesick. Jadi, buat kalian yang sedang jauh dari rumah, sangat disarankan untuk mencoba tips diatas.

By: Elvina Ghozali

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya