Ini Kata Dude Harlino soal Donor ASI

Bagi Dude Harlino, sebaiknya seseorang yang akan memberikan donor susu mengetahui kepada siapa saja ASI tersebut akan diberikan.

oleh Rizky Aditya Saputra diperbarui 10 Jun 2015, 12:20 WIB
Dude Harlino ingin anaknya menjadi pemimpin yang bijaksana (metronews.com)

Liputan6.com, Jakarta Saat ini fenomena donor ASI sedang marak di berbagai kalangan masyarakat. Hingga kini, masih terjadi pro dan kontra mengenai diperbolehkannya melakukan donor ASI ini.

Menanggapi fenomena itu, Dude Harlino coba memberikan tanggapannya. Pesinetron Cahaya ini menganggap donor ASI sebagai hal yang sah, dengan beberapa ketentuan.

Dude Harlino memiliki karakter dalam berakting (Rini Suhartini)


"Donor ASI kalau dilihat secara agama diperbolehkan. Karena dulu Nabi Muhammad Saw punya ibu susunya, Halimah Sa'diyah," ungkap Dude Harlino kepada Liputan6.com di Jakarta baru-baru ini.

Akan tetapi, kata Dude, sebaiknya seseorang yang akan memberikan donor susu mengetahui kepada siapa saja ASI tersebut akan diberikan. Pasalnya, jika anak tersebut telah meminum ASI yang sama, maka telah menjadi saudara sepersusuan dan dilarang untuk menikah.

Foto dok. Liputan6.com


"Menurut saya boleh saja asalkan sepanjang kita tahu susu tersebut diberikan kepada siapa. Karena yang meminumnya itu akan menjadi satu darah (sepersusuan) makanya dia harus tahu bayi itu siapa," papar suami Alyssa Soebandono.

Guna menghindari akibat buruk tersebut, Dude mengimbau supaya para calon pendonor ASI hanya memberikan pada anak yang berjenis kelamin sama.

Alyssa Soebandono belum bisa menemui wartawan karena masih dalam tahap pemulihan.


"Untuk menghindarinya, baiknya kalau dia punya anak perempuan, maka donorkan ASI-nya kepada bayi perempuan saja. Ini untuk menghindari dan menjaga supaya di kemudian hari tidak ada dampak negatifnya," jelasnya.

"Karena kasihan, kalau nantinya anaknya sudah besar saling suka ternyata mereka saudara sepersusuan, jadi tidak boleh menikah," pungkas Dude Harlino. (Ras/Mer)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya