3 Minyak Sehat dan Cara Memakainya

Lantas apa sajakah minyak yang lebih sehat dan bagaimana cara memakainya?

oleh Jazaul Aufa diperbarui 08 Jun 2015, 07:35 WIB
3 Minyak Sehat dan Cara Memakainya

Liputan6.com, Jakarta Himbauan untuk `hindari gula, garam, dan lemak` mungkin sudah sering didengar. Gula bisa dihindari dengan mengurangi konsumsi makanan manis, sedangkan garam dapat dihindari dengan mengurangi makanan asin dan gurih. Namun bagaimana dengan lemak?

Lemak salah satunya berasal dari minyak. Penggunaan minyak secara berlebihan memang sangat tidak baik karena kandungan lemak. Sayangnya, kebanyakan orang Indonesia sering tidak sadar dengan kadar minyak di dalam makanan mereka. Pada gorengan misalnya, salah satu makanan terfavorit orang Indonesia.

Namun, ketika semua berada pada porsi yang tepat. Beberapa pilihan minyak alternatif untuk menggoreng juga cukup baik bagi kesehatan, tentu dengan catatan cara pemakaian yang benar.

Lantas apa sajakah minyak yang lebih sehat dan bagaimana cara pemakaiannya? Berikut ulasan seperti yang dilansir dari laman PureWow, Sabtu (6/6/2015). (Auf/Ibo)

2 dari 4 halaman

Minyak Zaitun

3 Minyak Sehat dan Cara Memakainya

1. Minyak Zaitun

Ingin menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker? Minyak zaitun jawabannya. Rasa ringan yang dimiliki minyak zaitun, membuatnya cocok untuk menjadi pengganti mentega saat memanggang dan tampilan bagian terluar yang dipanggang pun akan terlihat menarik untuk disantap.

3 dari 4 halaman

Minyak Wijen

3 Minyak Sehat dan Cara Memakainya

2. Minyak Wijen

Meskipun kandungan lemak dan kalorinya cenderung sama dengan minyak zaitun, tetapi minyak wijen memiliki tekstur yang lebih kental, yang cocok untuk hidangan tumis atau masakan ala masyarakat Asia.

4 dari 4 halaman

Minyak Kelapa

3 Minyak Sehat dan Cara Memakainya

3. Minyak Kelapa

Minyak yang berasal dari daerah tropis ini memiliki aroma yang sangat bagus dan kaya akan lemak sehat. Selain itu, minyak kelapa mengandung asam laurat yang dikenal sebagai senyawa yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya