Microsoft Umumkan 6 Varian Windows 10

Windows 10 akan menjadi sistem operasi pertama Microsoft yang mendukung muti-platform, baik di perangkat mobile maupun PC.

oleh Adhi Maulana diperbarui 15 Mei 2015, 12:00 WIB
Windows 10 (Foto: Fortune)

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft menegaskan bahwa di pertengahan tahun 2015 ini, sistem operasi generasi terbaru mereka, Windows 10, sudah dapat dicicipi oleh para perngguna. Sistem operasi yang digadang-gadang akan menandai revolusi Microsoft ini kehadirannya memang sudah sangat dinantikan banyak pihak.

Sebab, Windows 10 akan menjadi sistem operasi pertama Microsoft yang mendukung muti-platform, baik di perangkat mobile maupun PC. Selain itu, brand Windows 10 rencananya juga akan digunakan sebagai `nama abadi` produk sistem operasi dari Microsoft.

Terkini, menurut yang dilansir laman Tech Power Up, Jumat (15/5/2015), Microsoft telah mengumumkan 6 varian dari Windows 10.

Anda penasaran? Berikut rinciannya. 

1. Windows 10 Home

Windows 10 Home difokuskan bagi para pengguna PC rumahan, termasuk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) serta penggemar game. Di dalamnya sudah dibekali dengan fitur asisten digital berbasis suara Microsoft Cotana, mesin pencari Bing, software pengenal wajah Microsoft Hello, dan metode keamanan biometrik.

Bagi para pengguna PC berbasis Windows 7, 8, dan 8.1, mereka dapat melakukan update ke Windows 10 Home secara gratis.

2. Windows 10 Pro

Dibekali sederet fitur dasar seperti Windows 10 Home, namun Windows 10 Pro telah dibekali dengan sederet fitur canggih lain seperti perlindungan data pribadi, kemampuan akses remote, serta fitur cloud tambahan. Para pengguna Windows 7 Professional, Ultimate, dan Windows 8/8.1 Pro bisa upgrade ke Windows 10 Pro secara gratis.

3. Windows 10 Education

Sesuai namanya, versi Windows yang satu ini didesain sedemikian rupa untuk keperluan edukasi dan pengoperasian di lingkuangan pendididkan. Di dalamnya sudah sederet fitur dan program yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan seperti manajemen guru, sistem penilaian ujian, komputasi laboratorium, dan lain-lain. Windows versi ini lisensinya akan dijual khusus untuk pihak pemerintah, lembaga dan universitas.

4. Windows 10 Enterprise

Jika Windows 10 Home untuk PC rumahan, maka Windows 10 Enterprise adalah sistem operasi untuk PC dan workstation perusahaan besar. Di versi Microsoft berkonsentrasi pada bidang penyimpanan dan pengolahan data, serta peningkatan kemampuan jaringan dan keamanan data.

5. Windows 10 Mobile

Ini adalah versi yang paling banyak ditungu-tunggu. Edisi ini dirancang untuk pengguna berbasi perangkat mobile. Bakal ada Continuum untuk ponsel yang memungkinkan pengguna menyambungkan pekerjaan dari ponsel ke layar PC dan bekerja dengan praktis. Fitur-fitur standar lainnya terakomodir.

6. Windows 10 Mobile Enterprise

Sistem operasi ini khusus bagi mereka yang mengantungi lisensi volume, yang artinya membeli software borongan dengan jumlah minimal 5 produk. Edisi ini menggabungkan sistem keamanan terbaru Windows dengan pembaruan otomatis atas fitur-fitur Windows Update for Business.

(dhi/isk)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya