Rombongan Brimob Diserang Kelompok Bersenjata di Papua

Menurut Bupati Lanny Jaya, pelaku pelaku penyerangan tidak murni lagi untuk Kemerdekaan Papua, namun lebih kepada kriminal.

oleh Katharina Janur diperbarui 04 Agu 2014, 18:12 WIB
Anggota TNI menyisir lokasi kelompok bersenjata di Papua.

Liputan6.com, Lanny Jaya - Penembakan kembali terjadi di Papua. Kali ini tembakan mengarah ke rombongan Brimob yang menggunakan tiga mobil jenis Strada saat hendak menjemput rombongan Sekda Kabupaten Lanny Jaya, pukul 06.50 WIT, Senin (4/8/2014).

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol ARH Rikas Hidayatullah mengatakan, penembakan terjadi di sekitar Kampung Jiwili dan Kampung Wiremgambur, Distrik Tiom, Kabupaten Lannya Jaya, Papua.

"Saat itu mobil rombongan Brimob dari  arah Tiom ke arah Distrik Indawa. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun salah satu anggota Brimob atas nama Brigpol Subahri terkena klongsong peluru di bagian mata kiri dari temannya sendiri. Saat ini dalam perawatan di RS Tiom," katanya.

Sebelumnya Bupati Lanny Jaya Befa Jigibalom mengklaim, kelompok sipil bersenjata pimpinan Enden Wanimbo dan Puron Wenda hendak menghadang rombongan Bupati saat turun ke Jayapura. Untung saja dia mengetahui kabar itu lebih cepat, sehingga tak terjebak dalam penghadangan tersebut.

"Kelompok Enden Wanimbo adalah kelompok kriminal asli yang berasal dari Lanny Jaya. Enden sengaja memanggil Puron Wenda yang selama ini bermarkas di Puncak Jaya. Kolaborasi kelompok tidak murni lagi untuk Kemerdekaan Papua, namun lebih kepada kriminal," kata Befa.  

Menurut Befa, biasanya tindakan yang dilakukan kelompok Enden adalah perampasan, penganiayaan, pembunuhan bahkan pemerkosaan kepada anak perempuan dan wanita setempat. Kelompok ini juga sering menakut-nakuti warga dengan senjata yang mereka miliki.

Sebelumnya penembakan telah terjadi beberapa kali di Lanny Jaya. Dalam kejadian ini, dua anggota polisi tewas tertembak. Aparat keamanan mengklaim dalam kejadian penembakan di Lanny Jaya, lima kelompok Enden Wanimbo juga tewas tertembak.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya