Sedapnya Kayu Manis Bisa Lawan Parkinson

Diantara banyaknya sumber makanan di sekitar kita, kayu manis bisa digunakan melawan parkinson.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 15 Jul 2014, 11:00 WIB
(Foto:purplesage.org.uk)

Liputan6.com, Jakarta "Let food by thy medicine and medicine by thy food" Kira-kira begitu ucapan bapak kedokteran modern Hippokrates. Makanan adalah obat untuk mencegah atau melawan penyakit. Diantara banyaknya sumber makanan di sekitar kita, kayu manis bisa digunakan melawan parkinson.

Parkinson adalah penyakit yang memengaruhi area kecil sel-sel otak tengah. Penyakit ini mengganggu pergerakan serta menurunkan tingkat kognitif seseorang. Kini, satu dari 100 orang dewasa berusia lebih dari 60 tahun terkena penyakit ini. Belum diketahui apa penyebab penyakit ini, para ahli berspekulasi bahwa kondisi lingkungan dan genetik penyebabnya.

Para ahli mencoba meneliti apa saja yang bisa mengurangi laju perkembangan parkinson. Kayu manis, rempah yang sering ditemui di dapur ini, ternyata mengandung bahan aktif yang bisa melindungi otak.

Lewat uji coba terhadap tikus, peneliti Rush University Medical Center, Chicago mengetahui bahwa kandungan natrium benzoat yang terdapat dalam kayu manis bisa melindungi protein yang menjaga sel-sel otak serta meningkatkan fungsi motorik.

"Mengonsumsi kayu manis bisa jadi pendekatan paling aman untuk menghentikan perkembangan penyakit parkinson," tutur pemimpin penelitian ini, Kalipada Pahan seperti dikutip laman Daily Mail, Minggu (13/7/2014).

"Diantara kayu manis yang ada, jenis ceylon lebih baik karena lebih murni," tambahnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya