Isi Ulang Kartu Commuter Line Sudah Bisa Pakai Uang Elektronik

Mulai hari ini pengguna KRL sudah bisa melakukan isi ulang saldo menggunakan layanan uang elektronik milik XL, Indosat dan Telkom.

oleh Denny Mahardy diperbarui 17 Apr 2014, 14:26 WIB
Launching layanan isi ulang saldo kartu KRL (Liputan6.com/Denny)

Liputan6.com, Jakarta Kabar bagus bagi para penumpang kereta rel listrik (KRL) atau kereta commuter line Jabodetabek (KCJ). Sekarang penumpang kereta commuter line dapat lebih mudah mengisi ulang saldo Kartu Multi Trip (KMT).

Mulai hari ini, 17 April 2014, pengguna KMT sudah bisa melakukan isi ulang saldo menggunakan layanan uang elektronik milik operator telekomunikasi, yakni melalui layanan XL Tunai dari PT XL Axiata Tbk, Indosat Dompetku dari PT Indosat Tbk dan T-Money dari PT Telkom Indonesia Tbk.

Kemudahan yang disediakan KCJ dengan menggandeng tiga perusahaan telekomunikasi besar itu diklaim akan membuat para pengguna KMT tak lagi perlu antri di depan loket yang ada di stasiun kereta api.

Saat ini, commuter line menangani 600 ribu transaksi setiap harinya yang dilakukan menggunakan KMT ataupun Tiket Harian Berjaminan (THB). Lebih dari separuh transaksi yang dilakukan pengguna commuter line memakai KMT.

"Pengguna e-ticketing KRL Jabodetabek sudah ada 600 ribu transaksi setiap hari. Pengguna KMT sendiri sekitar 55%-nya atau 330 ribu transaksi," kata Tri Handoyo, Direktur Utama Kereta Commuter Jakarta (KCJ).

Untuk mengisi ulang saldo KMT pengguna smartphone dengan klik menu TopUp KCJ kemudian mengisi 16 digit nomor KMT serta denom yang diinginkan. Selanjutnya konfirmasikan isi ulang slado di vending machine yang tersedia di area stasiun commuterline.

Sementara ini, vending machine e-money baru tersedia di stasiun Sudirman, Jakarta dan Bogor. Rencananya, pada tahun ini akan tersedia di 20 stasiun KRL Jabodetabek. Ke depannya, 66 stasiun KRL akan memiliki vending machine tersebut.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya