Sidak UN Tingkat SMA, Mendikbud: Anak-anak `Enjoy`

Selain melakukan sidak ke SMAN 112, Mendikbud M Nuh juga melakukan sidak ke SMAN 78 dan SMA Luar Biasa Pangudi Luhur.

oleh Rochmanuddin diperbarui 14 Apr 2014, 09:08 WIB
Mendiknas M. Nuh (kanan) saat melakukan sidak tempat penyimpanan naskah ujian nasional (unas) di Mapolsekta Gubeng, Surabaya. (Antara)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melakukan inspeksi mendadak alias sidak pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas di Jakarta.

Dalam pengamatannya, persiapan panitia cukup matang sehingga belum menemukan kendala. "Semua berjalan lancar dan sampai saat ini belum ada laporan kendala," ujar Nuh, Jakarta, Senin (14/4/2014).

Nuh melakukan kunjungan pertama di SMAN 78. Tak kurang dari 5 menit M Nuh mengunjungi sekolah itu. Ia melanjutkan ke SMAN 112. Di sana, Nuh melakukan pengecekan persiapan UN baik materi soal maupun siswa.

Di SMAN 112, terdapat 275 siswa yang mengikuti UN, 3 di antaranya adalah siswa difabel. "Anak-anak enjoy. Mereka punya semangat yang luar biasa," kata Nuh.

Usai sidak di SMAN 112, Nuh melanjutkan ke SMA Luar Biasa Pangudi Luhur yang berada di kawasan Jakarta Barat. Selain berdialog, M Nuh juga memberikan semangat kepada siswa yang akan mengikuti UN.

"Semangat berjuang," ujar Mendikbud kepada siswi SMA LB Pangudi Luhur Annisa Resti Fajar Harum yang menderita tuna rungu.

Nuh mencoba mengetes Annisa dengan beberapa pepatah. Dengan bantuan gurunya, Annisa berhasil menjawab pertanyaan menteri dengan baik. Di sekolah ini, M Nuh juga melakukan pengecekan terhadap alat bantu yang akan digunakan siswa.

Sementara Wakil Kepala Sekolah SMA LB Pangudi Luhur Lince Saragih menjelaskan, terdapat 22 siswa yang mengikuti UN hari ini. Para siswa telah siap mengikuti ujian. "Semuanya siap mengikuti UN," kata Lince.

Mulai hari ini, siswa kelas XII SLTA serentak mengikuti UN. Jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti UN SMA atau MA serta paket C pada 2014 yakni sebanyak 1.644.713 siswa. Sedangkan jumlah siswa SMK sebanyak 1.184.987 siswa.

Mata pelajaran yang diujikan hari ini adalah Bahasa Indonesia untuk jam pertama. Kemudian dilanjutkan Biologi untuk jurusan IPA dan Geografi untuk jurusan IPS. (Ant/Yus Ariyanto)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya