Sukses

VIDEO: Begini Cara Tangani Ular Saat Terancam

Ular tidak akan menggigit jika tidak diganggu atau diusik.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ular jenis sanca kembang berukuran sekitar 4 meter ditangkap warga di sebuah rumah kosong di kawasan Tejokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (2/4/2017), awalnya, seorang warga yang hendak membersihkan rumah, berupaya memindahkan meja di dalam rumah kosong.

Namun ia terkejut saat melihat seekor ular besar melingkar di dalam laci. Karena takut, ia segera melapor kepada warga lain. Kemudian warga beramai-ramai menangkap ular ini.

Untuk sementara, ular sanca seberat lebih dari 40 kilogram itu masih disimpan di rumah salah satu warga. Mereka mengaku akan menjualnya dengan harga Rp 1 juta, jika ada yang menghendaki.

Maraknya penangkapan ular dan peristiwa mengenaskan dimangsanya manusia oleh ular, seperti yang terjadi di Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, mengundang perhatian kalangan pecinta ular di Solo, Jawa Tengah.

Sebagai upaya antisipasi, mereka menggelar edukasi untuk menyalurkan pengetahuan tentang hewan melata ini kepada warga.

Dengan membawa ular berukuran besar dan kecil, komunitas pecinta ular menjabarkan bagaimana menangani ular saat terancam, seperti ketika akan digigit atau dililit ular. Mereka juga memberi pemahaman bahwa ular juga bisa menjadi peliharaan yang menyenangkan.

Selain itu, warga diberi kesempatan untuk berfoto dan bermain dengan ular.

Melalui aksi ini, para pecinta ular berharap warga bisa menyadari bahwa ular tidak akan menggigit jika tidak diganggu atau di usik. Sehingga tidak perlu berbondong-bondong memburu ular.

Saksikan tayangan video selengkapnya bagaimana cara mengangani ular saat terancam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.