Sukses

VIDEO: Indahnya Kerukunan Antar Umat Beragama

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Natal tahun 2015 terbilang istimewa. Setelah Kamis 24 Desember 2015 kemarin didahului Maulid Nabi Muhammad SAW, perayaan Natal juga jatuh saat hari besar umat muslim yakni hari Jumat di mana umat Muslim diwajibkan salat Jumat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (25/12/2015), potret toleransi umat beragama nyata terlihat di Gereja Katedral, Jakarta Pusat yang berseberangan dengan Masjid Istiqlal. Kumandang azan dan lantunan kidung Natal terdengar bersahutan.

Situasi pun aman terjaga. Bahkan umat Muslim dan umat Kristiani serta Katolik berbagi lahan parkir seraya menjalani ibadah masing-masing. Guna menghormati jamaah salat Jumat, Gereja Katedral menghentikan sementara misa mereka dan melanjutkannya pada sore hari ini.

Sedangkan di Gereja Protestan Mahanaim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, umat Kristiani mempercepat Misa Natal demi memberi kesempatan ibadah salat Jumat yang digelar di Masjid Al Muqarrabin.

Hal itu dikarenakan gereja dan masjid terletak berdampingan di Jalan Enggano, Tanjung Priok. Sudah lebih dari 50 tahun umat Nasrani dan Muslim beribadah berdampingan.

Gereja Protestan Mahanaim berdiri pada 1957 sementara Masjid Al Muqarrabin berdiri pada 1959. Sejak saat itu, kedua rumah ibadah ini berdiri berdampingan dan berbagi dinding tembok.

Meski sudah lebih dari setengah abad berdiri, kerukunan dan sikap toleransi kedua umat masih terus terjaga hingga kini.