Sukses

Kabut Asap Menipis, Warga Palangkaraya Ikuti Car Free Day

Orangtua hingga balita menikmati suasana kota Palangkaraya tanpa menggunakan masker.

Liputan6.com, Jambi - Sejak pagi sejumlah calon penumpang sudah mulai berdatangan ke Bandara Sultan Thaha, Jambi. Otoritas bandara mengumumkan bandara kembali beroperasi setelah kondisi udara membaik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (1/11/2015), namun setelah kemarin jarak pandang sudah mencapai 6.000 meter, pagi ini jarak pandang kembali turun hingga 2.000 meter. Padahal idealnya pendaratan membutuhkan jarak pandang sekitar 3.500 meter.

Akibatnya pesawat Lion Air dan Citilink dari Jakarta, yang dijadwalkan mendarat pagi ini akhirnya dibatalkan. Sejumlah calon penumpang harus kecewa karena harus menunggu tanpa kepastian pemberangkatan.

Sementara di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, suasana di Bundaran Besar Palangkaraya hari ini berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Ratusan warga menyambut udara yang lebih segar dengan mengikuti car free day, Minggu pagi.

Para orangtua, ibu hamil, lansia sampai anak-anak dan balita menikmati suasana tanpa menggunakan masker. Namun masih ada yang memakai masker karena mempunyai riwayat asma dan alergi.

Meskipun kabut asap di Palangkaraya menipis, namun sejumlah relawan masih membagikan masker kepada para warga. Saat ini Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kota Palangkaraya di level baik.

Sementara itu hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Palangkaraya pada Sabtu sore, menyebabkan sejumlah pohon tumbang sehingga menghalangi pengendara.

Angin kencang juga merobohkan sebuah pasar tradisional, merusak atap bangunan sebuah sekolah dan sejumlah rumah. (Dan/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.