Sukses

Sosok Minggu Ini: Bidan Muda di Desa Terpencil

Tahun 2008, Ica ditugaskan menjadi bidan di Puskesmas Pembantu Nagari Talang Anau. Dan ternyata, meraih kepercayaan warga tidaklah mudah.

Liputan6.com, Talang Anau - Hardinisa Syamitri adalah seorang bidan di Nagari Talang atau Payakumbuh, Sumatera Barat. Pada pagi hari, Bidan Ica, sapaan akrab Hardinisa Syamitri senam bersama dengan para lansia. Bidan Ica merancang permainan sedemikian rupa yang bisa membuat para lansia mengikuti senam dengan semangat dan riang gembira.

Tahun 2008, Ica ditugaskan menjadi bidan di Puskesmas Pembantu Nagari Talang Anau. Dan ternyata, meraih kepercayaan warga tidaklah mudah.

"Awal saya ditempatkan di Nagari Talang Anau ini memang kebanyakan masyarakat lebih percaya kepada pengobatan alternatif atau tradisional. Mereka kurang begitu percaya dengan adanya tenaga medis terutama tenaga kesehatan yang ditempatkan di sini," ungkap Ica.

Talang Anau tergolong daerah terpencil. Waktu itu tak ada telepon dan listrik sering sekali padam. Ica ingin membuat perubahan agar desa cepat maju. Di mata Ica, salah satu kuncinya adalah meyakinkan para lansia desa.

"Jadi apa kata lansia, mungkin orangtua yang ada di rumah, mereka lebih percaya, lebih percaya mereka. Mungkin saya fikir kalau seandainya saya bisa mengajak lansia, otomatis saya bisa mengajak anggota keluarga yang lain," lanjut Ica.

Kreativitas dan niat tulus Bidan Ica bersambut. Desa yang semula sepi kegiatan, berubah semarak dalam 3 tahun. Sekitar 120 orang lansia aktif dalam berbagai kegiatan karya Ica.

Tahun 2010, Ica mendirikan Perkumpulan Seroja yang merupakan singkatan dari Sehat Rohani Jasmani. Perkumpulan ini penuh kegiatan untuk menjaga kondisi lansia, mulai dari senam lansia, pelatihan olah vokal, hingga pemeriksaan kesehatan rutin.

"Dulu badan ibu ini kan sakit-sakit semua, di lutut ini. Setelah ada kegiatan senam, senam lansia, jadi sakit itu ga ada lagi," ucap salah seorang warga.

Kini, warga setempat semakin percaya pada puskesmas. Bidan muda berusia 30 tahun ini berharap, warga desa dimanapun di Indonesia bisa memotivasi diri sendiri untuk hidup semakin sehat.

"Salah satu tugas saya sebagai tenaga kesehatan tentu saja mengajak masyarakat terutama dalam bidang kesehatan yaitu bagaimana kita mengajak lansia itu sebagai orangtua kita sendiri. Jangan menganggap mereka sebagai orang lain," tandas Ica.

Saksikan kisah Bidan Ica mengajak lansia agar dapat hidup sehat selengkapnya dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (6/9/2015), di bawah ini. (Vra/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.