Sukses

30% Terumbu Karang di Perairan Indonesia Rusak

Kekayaan alam terumbu karang Indonesia keadaannya memprihatinkan.

Liputan6.com, Jakarta - Terumbu karang di perairan Indonesia merupakan yang terkaya di dunia. Namun kini kondisi terumbu karang Indonesia dalam keadaan rusak karena eksploitasi manusia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (3/8/2015), warna-warni terumbu karang di perairan Indonesia ini terlihat sangat indah. Keanekaragaman terumbu karang di sana adalah yang tertinggi di dunia. Sayangnya kekayaan alam terumbu karang Indonesia keadaannya memprihatinkan.

Berbagai survei telah mencatat perkembangan terumbu karang Indonesia. Sekitar 30% terumbu karang Indonesia tenyata dalam keadaan rusak.

"Secara umum hanya sekitar 5% yang dalam kondisi sangat baik, dan itu tersebar di seluruh Indonesia. Nah, mayoritasnya sekitar 94% itu, ya sekitar 30-33% dalam kondisi baik, sementara sekitar 30% dalam kondisi sedang, dan sisanya dalam kondisi buruk," ungkap Ketua Terangi, Safran Yusri.

Penyebab kerusakan terumbu karang selain karena bencana alam, juga disebabkan oleh aktivitas manusia. Penangkapan ikan dengan bom salah satunya. Selain itu, racun sianida yang digunakan untuk menangkap ikan juga ikut merusak terumbu karang.

Untuk membantu mengurangi ancaman kelangsungan hidup terumbu karang, yang paling sederhana adalah menimbulkan kesadaran pribadi untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Selain itu juga dapat ikut berperan aktif dalam merehabilitasi terumbu karang.

Ayo selamatkan terumbu karang Indonesia! (Nda/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini