Sukses

80 Ribu Handset BlackBerry Akan Perkuat Sistem Keamanan Pentagon

Lembaga pertahanan Amerika Serikat, Pentagon akan menggunakan sistem manajemen keamanan baru per tangal 31 Januari 2014. Inisiatif itu dirancang untuk mulai memisahkan penggunaan workstation dan beralih ke perangkat mobile.

Dalam proyek tersebut, lembaga kemanan negara itu dikabarkan akan melibatkan puluhan ribu handset BlackBerry dan menyediakan dana sebesar USD 16 juta atau sekitar Rp 192,77 milyar.

Dana besar yang disediakan pemerintahan negeri Paman Sam ini bertujuan untuk mengantisipasi dan memastikan bahwa 300 ribu penggunanya yang berasal dari kalangan militer atau jaringan militer tidak membocorkan data akibat kerusakan jaringan mobile.

"Tahun baru akan membawa kemungkinan penggunaan perangkat mobile dengan memanfaatkan Department of Defense (DoD) pada 100 ribu perangkat. DoD akan dimulai dengan penyebaran versi 1.0 dari kemampuan mobilitas tak terklasifikasi pada penutupan akhir tahun fiskal," tulis Pentagon dalam pernyataan resmi yang dilansir Phone Arena, Senin (20/1/2014).

Sistem baru itu akan dijalankan secara online dengan melibatkan 80 ribu handset BlackBerry serta 1.800 perangkat iOS dan Android. Pentagon juga diharapkan akan menggunakan iPad generasi ketiga dan keempat, iPhone 4S, iPhone 5, Samsung Tab 10,1 inci, Samsung Galaxy S3, dan Motorola Droid Razr.

BlackBerry yang menguasai jumlah perangkat mobile itu kemungkinan dianggap paling terpercaya soal keamanan. Namun, Pentagon masih tak mengungkap varian handset BlackBerry apa saja akan yang digunakan untuk menjalankan sistem barunya itu.

Para pengguna sistem manajemen mobile itu ke depannya juga bakal diberikan akses ke toko aplikasi dengan aplikasi yang ada di dalamnya, termasuk enkripsi untuk Departemen Pertahanan dan email perusahaan. Akhir Mei 2014, mereka akan menerima update yang memungkinkan untuk mengedit file dari Microsoft Office. (den/isk)


Baca juga : 
BlackBerry 10 Dipastikan Bisa Jalankan Semua Aplikasi Android
BlackBerry Siapkan Update Besar-besaran untuk BB10
Ponsel Terendam Banjir? Ini Cara Terbaik Menyelamatkannya
Samsung Pamer Keberhasilan Penjualan Galaxy Note