Sukses

Hati-hati! Ada Malware Bersembunyi di Balik Adobe Flash Player

Kabar buruk kembali menghampiri para pengguna Internet. Perusahaan keamanan perangkat komputasi F-Secure baru-baru ini merilis sebuah laporan yang menunjukkan adanya ancaman malware yang bersembunyi di balik software Adobe Flash Player palsu.

Menurut yang dilansir laman Softpedia, Jumat (17/1/2014), F-Secure mengungkapkan bahwa mereka menemukan sejumlah jenis malware yang tampaknya sengaja ditanamkan pada software yang berguna sebagai media pemutar animasi di browser tersebut. Parahnya, salah satu jenis malware berbahaya yang ditengarai bernama Trojan.JS.Blacole.Gen juga didapati tertanam pada software Flash Player palsu.

Lebih lanjut dijelaskan, cara kerjanya sendiri masih menggunakan modus lama. Para pelaku cybercrime menanamkan malware pada sejumlah situs di seluruh dunia. Ketika seseorang membuka situs yang tertanam malware tersebut, pengguna akan dialihkan untuk melakukan unduhan Flash Player agar dapat mengakses situs yang dituju.

Di saat pengguna meng-klik tautan unduhan tersebut, file bernama flashplayer.exe akan muncul. Dan ketika pengguna membuka file unduhan tersebut, akan muncul notifikasi "Installing latest Flash Player". Saat itulah malware telah berhasil menginfeksi PC pengguna dan bisa menimbulkan berbagai malfungsi atau pencurian data privasi yang tak diinginkan.

Sebelumnya jutaan PC milik pengguna internet di wilayah Eropa juga dilaporkan terserang malware yang bersembunyi di balik iklan digital laman utama situs Yahoo.com. Malware yang ditengarai berasal dari jenis Trojan ini diperkirakan diciptakan pelaku kejahatan cyber untuk mencuri pundi-pundi data uang digital Bitcoin milik korban. (dhi)

Baca juga:
Bahaya! 90% Aplikasi Mobile Banking Miliki Masalah Keamanan
Malware di Situs Yahoo Juga Serang Pengguna di Luar Eropa!
Hati-hati, Ada Malware Bersembunyi di Situs Yahoo!
Tak Hanya Smartphone, Malware Juga Serang Mesin ATM!