Sukses

Ini Prototipe Konsol Pesaing PS4 dan Xbox One

Pengembang video game ternama asal Washington, Valve, selama ini dikenal memiliki sebuah platform distribusi video game digital, yaitu Steam. Platform Steam kerap diandalkan para gamer di berbagai penjuru dunia untuk membeli ataupun melakukan update konten video game.

Namun sejak awal tahun 2013 lalu, Valve dikabarkan memiliki ambisi untuk menghadirkan sebuah perangkat yang dapat terintegrasi dengan platform Stream secara online. Meski telah dipastikan bakal mengusung nama 'Steam Machine', namun konsep hardware dari Steam Machine sendiri masih dirahasiakan.

Akan tetapi rahasia tersebut kini telah terungkap. Menurut yang dilansir laman The Verge, Rabu (6/11/2013), Valve telah merilis konsep prototipe Steam Machine yang ternyata berupa sebuah konsol game.

Hal ini sekaligus menggugurkan dugaan sejumlah pihak yang memperkirakan bahwa Steam Machine bakal hadir dalam konsep menyerupai personal computer (PC) khusus bermain game. Pihak Valve menjelaskan, konsep ini pada akhirnya sengaja mereka rilis agar para calon produsen pihak ketiga (third-party) Steam Machine mendapatkan gambaran, dan lebih mudah menyesuaikan spesifikasi yang disertakan.

Sementara itu, untuk kontroler Steam Machine, pihak Valve mengaku bakal memproduksi dan menjualnya sendiri, tidak diserahkan pada produsen third-party.

Valve sendiri menargetkan Steam Machine dapat diperkenalkan pada publik di gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2014 yang akan diselenggarakan bulan Januari 2014 mendatang.

Bila nantinya proses produksi massal Steam Machine dapat terwujud, dipastikan konsol game besutan Valve itu akan menjadi pesaing berat dua konsol game next-gen, PS4 dan Xbox One. Pihak Microsoft selaku pembesut Xbox One pun disinyalir terus mengawasi gerak-gerik Valve selama mempersiapkan Steam Machine. (dhi/dew)

Loading