Sukses

Pasokan Layar iPad Mini Retina Display Bermasalah

Pasokan panel 7,9 inci dari Sharp untuk iPad Mini Retina Display terhambat. Karena itu stok tablet iPad mini diperkirakan akan terbatas.

Apple sudah mengumumkan dua tablet terbarunya -- iPad Air dan iPad Mini Retina Display -- beberapa hari lalu. Walaupun diperkenalkan bersamaan, Apple membuat jadwal rilis kedua tablet terbarunya itu secara berbeda.

iPad Air yang menggunakan ukuran 9,7 inci dijadwalkan tersedia di pasaran mulai 1 November 2013. Sedangkan iPad Mini Retina Display baru akan meluncur di akhir November 2013.

Tim Cook selaku CEO Apple berkilah bahwa perusahaannya masih belum bisa memenuhi permintaan pasar akan iPad Mini versi baru tersebut. Namun sebuah kabar menyebutkan bahwa Apple mengalami kekurangan pasokan layar yang digunakan pada iPad Mini tersebut.

Menurut informasi yang dilansir DigiTimes, pasokan panel 7,9 inci dari Sharp untuk iPad Mini Retina Display terhambat. Perusahaan asal Jepang itu mengalami masalah dalam pembuatan panel menggunakan proses Oxide TFT. Hal inilah yang disinyalir menjadi salah satu penyebab kurangnya stok tablet iPad mini saat dirilis bulan depan nanti.

Apple sendiri mendapat pasokan layar iPad mini baru dari LG Display dan Sharp. LG Display bertanggung jawab untuk 60% produksi layar iPad mini, sedangkan Sharp memproduksi 40% sisanya. Apabila masalah pada pabrik Sharp belum teratasi, hal tersebut yang akan menyebabkan kelangkaan persediaan tablet iPad Mini Retina Display secara global.

Dikutip dari Ubergizmo, Kamis (31/10/2013), Apple sebenarnya bisa saja mendapat lebih banyak pemasok panel untuk tablet 7,9 incinya. Perusahaan pembuat layar bernama AU Optronics dan Innolux pernah mengajukan diri sebagai pemasok panel tablet iPad Mini generasi kedua itu, hanya saja keduanya ditolak Apple. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini