Sukses

Meski Popularitas Tergerus, Nokia Masih Raja Ponsel di Indonesia

Popularitas Nokia di ranah ponsel memang sudah tergerus oleh vendor-vendor ponsel lainnya. Namun bagi pasar Indonesia, Nokia masih menjadi perangkat ponsel yang paling banyak digunakan.

Dominasi Nokia di ranah ponsel Tanah Air rupanya masih belum berhasil digeser. Telkomsel sebagai operator selular terbesar di Indonesia mengaku Nokia masih menjadi perangkat yang paling banyak digunakan pelanggannya hingga saat ini.

"Di Telkomsel ponsel Nokia masih digunakan 47% pelanggan dari total 125 juta orang pelanggan. Di operator lain pun saya yakin tidak banyak berbeda," kata Arief Pradetya, Division Head, Device Bundling & Customization Strategy Telkomsel.

Arif yang ditemui Liputan6.com di acara peluncuran Nokia Lumia 625 juga menambahkan bahwa ponsel Nokia yang banyak dipakai di jaringannya adalah gabungan dari feature phone maupun smartphone.

Akan tetapi, kata Arif lagi, ponsel yang paling banyak dibeli pelanggannya setahun terakhir adalah yang buatan Samsung. Pada posisi berikutnya ada Nokia dan BlackBerry.

"Saya nggak terlalu yakin BlackBerry menduduki posisi dua sekarang ini. Karena penjualannya belakangan ini gak begitu baik," tambahnya.

Telkomsel terus menggenjot adopsi pelanggannya terhadap perangkat smartphone. Operator yang identik dengan warna merah ini selalu berusaha agar bisa berkolaborasi dengan smartphone yang dipasarkan di Indonesia.

"Kalau pindah ke smartphone kan penggunaan layanan datanya bakalan bertambah. Pelanggan jadinya akan memakai layanan data maupun suara dan sms yang ada di Telkomsel," tandasnya. (den/dew)


Baca Juga : 
Nokia Music `Hidupkan Kembali` Benyamin S
Nokia Resmi Bawa Lumia 625 Ke Indonesia