Sukses

Microsoft Rilis Surface 2 dan Surface Pro 2, dengan Windows 8.1

Microsoft akhirnya merilis Surface 2 dan Surface Pro 2, tablet yang menjadi pembaruan dari produk sebelumnya. Tentu wajar jika tablet ini hadir dengan performa yang lebih baik dan lebih bertenaga dari sebelumnya. Dengan demikian, Microsoft pun siap menjadikan Surface 2 dan Surface Pro 2 sebagai pesaing tablet iPad besutan Apple.

Dilansir dari laman The Verge, Selasa (24/9/2013), dua Surface terbaru diperkenalkan Microsoft dalam sebuah acara peluncuran di New York. Saat memamerkan Surface 2, Corporate Vice President of Surface di Microsoft, Panos Panay, mengaku tablet ini menjalani 18 bulan proses pengembangan.

"Ini merupakan tablet paling produktif yang pernah dibuat," kata Panay. "Microsoft telah meningkatkan kecepatan CPU secara dramatis," lanjutnya.

Lalu spesifikasi seperti apa yang dibenamkan di Surface 2? Untuk mendukung performa, dibenamkan Tegra 4 dengan kinerja yang diklaim Microsoft menjadikan Surface 2 tiga hingga empat kali lebih baik ketimbang Surface sebelumnya.

Surface 2 juga memiliki desain yang lebih tipis dan bobot yang lebih ringan dibanding produk sebelumnya. Untuk layar, Microsoft juga memperbaikinya dengan menghadirkan layar ClearType dengan resolusi 1080 piksel berukuran 10,1 inci.

Daya tahan baterai pun diperpanjang hingga bisa memutar video hingga 10 jam. Ada juga konektivitas USB 3.0 yang menjadikan transfer file dan dokumen berjalan lebih cepat.

Seperti diperkirakan sebelumnya, Surface 2 juga dilengkapi dengan sistem operasi Windows RT 8.1. Outlook RT dan empat aplikasi Office juga ikut dijadikan sebagai aplikasi bawaan. Surface 2 juga hadir dengan media penyimpanan berbasis komputasi awan Sky Drive berkapasitas hingga 200 GB untuk dua tahun.

Untuk harga, Surface 2 akan hadir dengan opsi berdasarkan kapasitas penyimpanan 32 GB dan 64 GB, dengan harga mulai dari US$ 449.

Surface Pro 2

Sedangkan Surface Pro 2 hadir dengan spesifikasi yang dibuat untuk segmen atas atau high end. Tak heran jika melihat prosesor Intel Core i5 Haswell yang dibenamkan di dalamnya.

Surface Pro 2 memiliki kinerja yang lebih baik dari Surface Pro, dengan 20 persen lebih cepat dan 50 persen performa grafis lebih baik. Baterai di Surface Pro 2 malah lebih baik hingga 60 persen.

Aksesori pun dihadirkan lebih baik dengan Power Cover untuk memperpanjang daya tahan baterai. Ada juga Docking Station yang menjadikan Surface Pro 2 memiliki tambahan port yang menjadikannya serupa laptop. Dengan demikian akan ada empat port USB, port Mini Display, Ethernet, audio in and out, dan port Power.

Banderol harga bervariasi tergantung kapasitas media penyimpanan dan RAM, mulai dari US$ 899. Adapun opsi yang tersedia adalah penyimpanan 64 GB dan 128 GB beserta RAM 4 GB, dan 256 GB dan 512 GB beserta RAM 8 GB. 

Baik Surface 2 dan Surface Pro 2 akan tersedia mulai 22 Oktober. Saat peluncuran, Surface Pro 2 juga sudah dilengkapi dengan Windows 8.1. Entah apakah dua tablet ini akan hadir di Indonesia, karena sebelumnya Surface tak diluncurkan secara resmi untuk pasar Indonesia. (gal)

Rina Nose dan Tunangan Mulai Unjuk Kemesraan di Medsos

Tutup Video
Loading