Sukses

Smartphone Gerus Penjualan PC Milik Lenovo

Industri komputer alias PC lambat laun tergerus karena fungsi smartphone yang semakin menyerupai komputer.

Pasar smartphone terus berkembang pesat hampir di seluruh dunia. Industri komputer alias PC lambat laun tergerus karena fungsi smartphone yang semakin menyerupai komputer.

Bukti teranyar memperlihatkan industri PC milik Lenovo telah tergerus. Perusahaan asal China itu merilis laporan pendapatannya pada kuartal pertama tahun 2013 yang berakhir tanggal 30 Juni 2013 lalu.

Dalam laporan itu Lenovo mengungkap bahwa penjualan smartphone dan tablet miliknya mulai mengalahkan PC. Pencapaian itu diklaim merupakan yang pertama kalinya terjadi di sepanjang sejarah perusahaan.

Dilansir Engadget yang Liputan6.com kutip, Jumat (16/8/2013), laporan keuntungan Lenovo pada kuartal pertama 2013 diakui naik 23% dibanding periode yang sama tahun lalu. Keuntungan bersih yang diraih Lenovo tercatat mencapai USD 174 juta, naik lebih dari 20% dibandingkan tahun lalu sebesar USD 141 juta.

Lenovo semenjak berdiri dikenal sebagai produsen pc baik desktop maupun notebook. Akan tetapi, penjualan mereka yang kuat di pasar China membuat mereka berhasil menjual lebih dari 11 juta unit smartphone dan menjadikannya vendor smartphone nomor dua terbesar.

CEO Lenovo, Yang Yuanqing menyatakan bahwa pergeseran penjualan ini membuat Lenovo bergeser dari perusahaan PC menjadi perusahaan PC Plus (pc, tablet dan smartphone). Pertengahan bulan lalu, Lenovo mengklaim bahwa perusahaannya telah berhasil menjadi vendor PC terbesar di dunia.

Menurut data dari Gartner, Lenovo meraih pangsa pasar 16,7% persen pada kuartal dua (Q2) 2013 dan berhasil menggeser sang juara bertahan, Hewlett Packard (HP). Di periode yang sama tahun sebelumnya, Gartner mencatat Lenovo menguasai 14,9% pangsa pasar komputer global. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.