Sukses

[Hands On] Sensasi Ngebut Ala Grid 2

Tak hanya kualitas visual yang lebih baik, suara raungan mesin dan gesekan ban di aspal akan membuat Anda betah memainkan game ini.

Game Grid 2 menghadirkan lokasi balap di dunia nyata seperti di Paris, Amerika Utara, dan masih banyak lagi. Jenis mobil yang bisa Anda kendarai juga telah diperbanyak.

Salah satu hal baru yang ditawarkan di game ini adalah diperkenalkannya sistem mengemudi yang lebih disempurnakan, yang oleh pengembang dinamakan Truefeel. Sistem ini diklaim menawarkan sensasi mengemudi yang seimbang antara simulasi dan kemudahan. Kontrol pemain semakin mendekati simulasi di dunia nyata namun tetap mengedepankan kemudahan.

Selain Truefeel, fitur baru yang dimunculkan adalah Liveroutes. Fitur ini membuat jalur balapan dapat berubah secara dinamis dan tanpa peta. Flashback, yakni fitur yang memungkinkan pemain yang bertabrakan dapat memundurkan waktu dan mengulang balapan dari waktu yang dipilih, tetap dipertahankan. Namun tak seperti di seri sebelumnya, fitur tampilan kokpit kini dihilangkan.

Seri game balap Grid memang dikenal dengan tampilan visual yang baik dan dukungan audio yang menawan. Tak hanya meningkatkan kualitas visual, kualitas audio seperti suara raungan mesin dan gesekan ban di aspal ataupun tanah tak akan luput dari pendengaran Anda. Codemaster selaku pengembang game tersebut memang serius dalam mengembangkan kualitas audio dari game ini.

Meskipun game ini mendapat respon yang baik, namun ada beberapa hal yang dianggap menjadi kekurangan. Frame rate yang turun saat mobil bertabrakan, hingga hilangnya beberapa fitur seperti driving assist dan tampilan kokpit, sangat disayangkan para pecinta seri game ini.

Untuk menyiasati absennya fitur tampilan kokpit, berbagai patch/update kini telah tersedia di internet yang dapat 'memaksa' game memunculkan kembali tampilan kokpit mobil meskipun dengan tingkat kualitas grafis yang tidak begitu baik.

Grid 2 memang hadir dengan beberapa perbaikan di sana-sini. Game yang dikembangkan oleh Codemaster ini adalah sekuel dari game Race Driver: Grid yang dirilis lima tahun lalu.

Jika di seri sebelumnya Codemaster menggunakan game engine EGO versi 1, kini Grid 2 telah memakai EGO versi 3. Grid 2 dapat dimainkan di platform PC Windows, PlayStation 3, dan Xbox 360. (rio/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.