Sukses

Kalahkan Semua HP China, Penjualan Ponsel Samsung Tembus 3 Miliar Unit!

Samsung menunjukkan posisinya sebagai penguasa Smartphone dengan mencatatkan penjualan mencapai 3.3 miliar unit dalam 10 tahun terakhir, apa rahasianya?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja mencatatkan rekor luar biasa, di mana perusahaan asal Korea ini mengantongi penjualan fantastis, mengalahkan seluruh merek smartphone yang ada di pasaran.

Riset pasar baru-baru ini mengungkapkan bahwa dalam dekade terakhir, Samsung berhasil menjual hampir 3 miliar ponsel. Pencapaian tersebut menandakan bahwa Samsung merupakan raksasa smartphone yang sangat sulit dilawan oleh merek lain, bahkan dalam beberapa tahun mendatang. 

Menurut data IDC, sebagaimana dikutip dari Android Headlines, Sabtu (18/5/2024), dalam satu dekade terakhir penjualan ponsel Samsung melampaui Apple sebesar 33%.

Angka tersebut menunjukkan HP Samsung telah terjual sekitar 2,93 miliar di seluruh dunia. Sedangkan Apple mencatatkan penjualan ponsel mencapai 2,2 miliar di periode yang sama. Sebagai informasi, IDC menggunakan pengiriman selama periode Q1 2014–Q1 2024 untuk penelitian ini.

Samsung tidak hanya mengungguli Apple, namun penjualan ponsel pintarnya melebihi penjualan dari beberapa gabungan brand HP China seperti Xiaomi, Vivo, dan Huawei.

Meski brand tersebut telah mengalami pertumbuhan eksponensial selama dekade terakhir, namun mereka masih membutuhkan upaya yang jauh lebih keras untuk bisa mengungguli Samsung dalam hal penjualan.

Ponsel Samsung masih menjadi raja meskipun telah mengalami beberapa hambatan. Contohnya, perusahaan mengalami penurunan pengiriman ponsel pintar setiap tahunnya selama beberapa tahun terakhir, sampai-sampai kehilangan 10% pangsa pasar global selama dekade terakhir.

Meski begitu, hal tersebut nyatanya belum cukup bagi Apple atau pesaing lainnya untuk menjadi posisi nomor satu dalam hal penjualan selama 10 tahun terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Puncak Kejayaan dan Titik Terendah Penjualan HP Samsung

Penelitian yang dilakukan IDC selama 10 tahun terakhir juga mencatat tahun penjualan terbaik serta penjualan terburuk Samsung.

Pertama, tahun terbaik perusahaan adalah tahun 2015, ketika Samsung meluncurkan Galaxy S6 dan Galaxy Note 5.

Galaxy S6 menjadi primadona di zamannya berkat penggunaan bodi berbahan kaca dengan frame metal. Di tahun tersebut, Samsung menjual 320,9 juta perangkat seluler, sedangkan Apple mencapai 231,5 juta.

Kemudian pada 2022 menjadi tahun terlemah bagi perusahaan dalam hal penjualan ponsel. Samsung mencapai 258,2 juta penjualan ponsel pada tahun tersebut, sementara Apple mencapai 225,3 juta pengiriman.

3 dari 4 halaman

Samsung Kuasai Pasar Monitor OLED Dunia

Tak hanya sukses besar pada bisnis smartphone, Samsung Electronics meraih posisi teratas dalam penjualan global untuk monitor OLED, satu tahun setelah meluncurkan model OLED pertamanya: Odyssey OLED G8 34 inci (model G85SB).

Menurut catatan International Data Corporation (IDC), Samsung Electronics, menempati posisi teratas di pasar monitor OLED global dengan meraih 34,7% pangsa pasar berdasarkan total pendapatan.

Samsung juga bertengger di posisi teratas dalam pangsa pasar berdasarkan volume penjualan, dengan 28,3% monitor OLED yang terjual pada 2023.

"Market monitor OLED sangat kompetitif, sehingga untuk meraih posisi teratas dibutuhkan inovasi dan kualitas produk yang terbaik,” kata Executive Vice President of Visual Display Business Samsung Electronics, Hoon Chung, dikutip Selasa (15/4/2024).

“Pencapaian ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk menjadi yang terbaik dan memahami kebutuhan konsumen, yang merupakan faktor kunci dalam memproduksi monitor OLED bagi para gamer di seluruh dunia yang menginginkan performa tinggi,” sambungnya.

Samsung juga mempertahankan kepemimpinannya di market monitor gaming global secara keseluruhan selama lima tahun berturut-turut, dengan perolehan pangsa sebesar 20,8% dari total pendapatan.

Sejak memasuki pasar OLED, Samsung terus berinovasi dan menerima pujian untuk monitor-monitor barunya, termasuk Odyssey OLED G9 (model G95SC), yang mendapat pujian dari para ahli dan reviewer di seluruh dunia.

4 dari 4 halaman

Produk OLED Samsung Baru

Pada gelaran CES 2024, Samsung mengumumkan ekspansi lini produk OLED-nya dengan meluncurkan tiga produk baru:

  • Odyssey OLED G8 (model G80SD) berlayar 32 inci dengan resolusi 4K UHD, rasio aspek 16:9, refresh rate 240Hz dan response time 0,03ms (GtG)
  • Odyssey OLED G6 (model G60SD) berlayar 27inci dengan resolusi QHD, rasio aspek 16:9, refresh rate 360Hz, dan respons time 0,03ms (GtG)
  • Pembaruan Odyssey OLED G9 (model G95SD), berlayar 49inci resolusi dual QHD dalam rasio aspek 32:9, refresh rate 240Hz, dan response time 0,03ms (GtG) dan fitur-fitur baru.

Sebagai informasi, Odyssey OLED G9 meraih Innovation Awards Honoree CES 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.