Sukses

Cara Memutihkan Gigi yang Kuning dengan 1 Bahan Dapur Alami dan Aman Digunakan

Gigi kuning menjadi masalah umum yang dialami banyak orang. Ada banyak cara alami untuk memutihkan gigi kuning, simak caranya di bawah ini!

Liputan6.com, Jakarta Memiliki gigi putih bersinar adalah impian banyak orang karena senyum yang cerah dapat meningkatkan rasa percaya diri. Namun, berbagai faktor seperti konsumsi kopi, teh, merokok, dan kebiasaan makan yang buruk dapat menyebabkan gigi menjadi kuning dan kusam. 

Untungnya, ada berbagai cara alami untuk mengembalikan kecerahan gigi tanpa harus mengeluarkan biaya besar di klinik gigi. Salah satu cara yang populer adalah menggunakan bahan dapur yang mudah ditemukan dan aman digunakan.

Di bawah ini terdapat cara memutihkan gigi kuning hanya dengan menggunakan bahan dapur yang alami dan aman. Dengan penggunaan bahan alami, dapat menghindari efek samping yang biasa ditimbulkan dari produk berbahan kimia.

Yuk simak dan ikuti cara memutihkan gigi berikut ini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (02/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi Kuning

Jika gigi sudah terlanjur menguning, dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya. Salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi kondisi ini adalah garam. Garam memiliki manfaat untuk mengikis noda kuning di permukaan gigi, dan juga memiliki sifat antiseptik yang mampu menekan pertumbuhan bakteri penyebab gigi kuning. 

Namun, ada bahan alami lain yang juga efektif untuk memutihkan gigi kuning. Seperti yang dibagikan oleh TikToker dengan akun @tastyfoodsandfun, yang menggunakan kombinasi pasta gigi dan satu bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah cuka apel.

3 dari 9 halaman

Manfaat Cuka Apel yang Dapat Memutihkan Gigi Kuning

Cuka sari apel telah dikenal selama berabad-abad sebagai produk pembersih alami berkat kandungan asam asetatnya. Asam asetat, yang merupakan komponen utama dalam cuka apel, efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut dan noda pada gigi. 

Namun, penting untuk diketahui bahwa asam asetat dapat mengikis enamel gigi, sehingga penggunaan cuka apel setiap hari tidak disarankan. Selain itu, disarankan untuk membatasi durasi kontak cuka apel dengan gigi.

Hanya dengan menggabungkan cuka apel dengan pasta gigi, bisa menciptakan pasta pemutih yang efektif untuk mengurangi noda kuning pada gigi sekaligus memberikan nafas yang lebih segar. 

4 dari 9 halaman

Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Cuka Apel

Ada banyak cara alami untuk memutihkan gigi kuning, salah satu yang paling praktis adalah hanya dengan menggunakan cuka apel yang dicampur pasta gigi secukupnya. Berikut ini adalah langkah-langkah penggunaannya.

  1. Tuangkan cuka apel dan pasta gigi secukupnya ke dalam wadah
  2. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata
  3. Gosok hingga ke sela-sela gigi selama 2-3 menit
  4. Bilas dengan air dan berkumur-kumur sampai bersih
  5. Lakukan secara rutin 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal
5 dari 9 halaman

Gigi Kuning Apa Bisa Putih Lagi?

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena gigi kuning dapat kembali putih melalui berbagai metode perawatan yang bisa dilakukan oleh dokter gigi. Gigi memiliki pori-pori seperti kulit manusia, meskipun pori-pori tersebut tidak terlihat oleh mata.

6 dari 9 halaman

Apakah Air Garam Bisa Membersihkan Gigi Kuning?

Selain itu, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa garam dapat memutihkan gigi yang kuning. Bahkan, menurut Healthline, terlalu sering berkumur dengan air garam dapat menyebabkan iritasi pada gusi dan memicu pendarahan.

7 dari 9 halaman

Apa Manfaat Pasta Gigi Dicampur Garam?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry & Oral Health menunjukkan bahwa penggunaan pasta gigi pemutih yang mengandung lemon dan garam selama enam minggu dapat efektif dalam membersihkan sisa kotoran pada gigi.

8 dari 9 halaman

Orang Dulu Membersihkan Gigi Pakai Apa?

Sebelum sikat dan pasta gigi dikenal secara luas, orang-orang pada zaman dahulu telah memanfaatkan siwak untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut mereka. Meskipun penggunaannya kini sudah tidak sepopuler dulu, siwak sebenarnya memiliki banyak manfaat yang sangat berharga dan tidak boleh diabaikan.

9 dari 9 halaman

Berapa Lama Sikat Gigi agar Putih?

Waktu yang disarankan untuk menyikat gigi adalah selama 2 menit. Menyikat gigi dalam waktu yang terlalu singkat dapat menyebabkan hasil yang kurang optimal, sehingga sisa makanan dan bakteri masih dapat tertinggal di gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini