Sukses

Cara Mencerahkan Lutut Hitam Menggunakan Serum dan Bahan Dapur Alami yang Aman

Lutut adalah bagian tubuh yang rentan menghitam dari area kulit di sekitarnya. Untuk menambah rasa percaya diri, simak dan ikuti cara memutihkan lutut hitam berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit lutut yang cerah dan merata adalah keinginan banyak orang karena lutut yang gelap seringkali membuat seseorang merasa kurang percaya diri saat mengenakan pakaian pendek. 

Warna kulit yang tidak merata pada lutut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gesekan, paparan sinar matahari, atau penumpukan sel kulit mati. Untuk mengatasi masalah ini, banyak orang beralih ke produk perawatan kulit yang mahal, namun ada solusi sederhana dan efektif yang bisa ditemukan di dapur.

Salah satu cara alami yang efektif untuk mencerahkan lutut hitam adalah dengan menggunakan campuran serum dan bahan dapur yang mudah ditemukan. Penggunaan kombinasi ini tidak hanya aman, tetapi juga dapat memberikan hasil yang nyata tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak pembahasan di bawah ini yang telah disajikan dari berbagai sumber pada Minggu (02/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Kandungan Body Serum yang Bermanfaat untuk Memutihkan Kulit

Seperti halnya serum wajah, body serum memiliki tekstur ringan yang mirip dengan cairan kental. Kandungan bahan aktif dalam body serum lebih tinggi dibandingkan dengan body lotion dan body cream, sehingga body serum dapat cepat menyerap dan menutrisi kulit hingga lapisan terdalam. 

Jika memiliki kulit kusam  terutama lutut yang hitam, body serum dapat digunakan untuk mencerahkannya. Hampir semua produk body serum mengandung bahan aktif pencerah kulit seperti vitamin C, vitamin E, niacinamide, atau salicylic acid. Penggunaan secara rutin akan membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat.

3 dari 9 halaman

Manfaat Bubuk Kopi untuk Mencerahkan Lutut yang Hitam

Kopi secara tidak langsung berperan dalam membantu mencerahkan kulit karena biji kopinya memiliki efek scrub yang dapat melakukan eksfoliasi dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. 

Kandungan asam dalam kopi juga memiliki kemampuan untuk meratakan warna kulit, mirip dengan eksfoliator kimia. Dengan mengombinasikan kedua bahan ini, dapat membuat scrub pemutih lutut yang cukup efektif.

4 dari 9 halaman

Cara Memutihkan Lutut Hitam dengan Body Serum dan Bubuk Kopi

Ada banyak cara alami untuk memutihkan lutut yang menghitam, salah satu cara yang paling praktis adalah hanya dengan menyiapkan 3 sendok bubuk kopi dan body serum secukupnya.

Untuk cara penggunaannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tuangkan bubuk kopi dan body serum ke dalam wadah
  2. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata
  3. Oleskan pada lutut secara menyeluruh
  4. Diamkan selama 10-15 menit
  5. Gosok area lutut dengan lembut dengan gerakan memutar
  6. Bilas dengan menggunakan air bersih
  7. Untuk hasil maksimal, lanjutkan dengan penggunaan body serum atau body lotion 

Dengan melakukan cara tersebut secara rutin 2-3 kali seminggu, lutut yang hitam akan berubah menjadi lebih cerah.

5 dari 9 halaman

Kenapa Lutut Berwarna Gelap?

Penyebab utama dari warna gelap pada kulit lutut adalah hiperpigmentasi yang terjadi ketika produksi melanin oleh kulit berlebihan. Melanin adalah pigmen alami yang memberikan warna pada kulit manusia. Meskipun kondisi lutut hitam tidak membahayakan, banyak individu yang ingin mengatasi masalah ini demi meningkatkan rasa percaya diri dalam berpenampilan.

6 dari 9 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Flek Hitam di Lutut?

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh dokter untuk mempercerah kulit yang menghitam pada lutut. Ini termasuk pemberian krim hydroquinone, prosedur peeling kulit, terapi laser, dan terapi cahaya terpusat intens (IPL). Inilah beberapa metode yang bisa Anda pertimbangkan untuk mempercerah kulit lutut yang menghitam.

7 dari 9 halaman

Apakah Kopi Bisa Mencerahkan Lutut?

Menggunakan scrub kopi alami adalah metode yang efektif untuk mempercerah kulit pada siku dan lutut. Efektivitasnya terletak pada kemampuan scrub kopi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan peredaran darah di kulit, sehingga membantu mengurangi kegelapan yang terlihat pada area kulit tersebut.

8 dari 9 halaman

Apakah Minyak Zaitun Bisa Memutihkan Lutut Hitam?

Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk memutihkan area yang gelap di lutut. Untuk penggunaannya, direkomendasikan untuk mencampurkan beberapa sendok gula pasir ke dalamnya sehingga terbentuk scrub yang lembut. Gabungan kedua bahan alami ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit lutut menjadi lebih cerah.

9 dari 9 halaman

Apakah Lutut Hitam Wajar?

Lutut hitam bagi sebagian orang bisa mengganggu penampilan, terlebih untuk Anda yang gemar menggunakan celana pendek atau rok di atas lutut. Meski begitu, kondisi ini sebenarnya hal yang normal. Beberapa proses alami dari dalam tubuh atau faktor lingkungan bisa menyebabkan dengkul berubah gelap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.