Sukses

TikTok Ajak Netizen Indonesia Tebar Kebaikan di Bulan Ramadhan Lewat Tagar Serunya Berbagi

Menyambut bulan suci Ramadan, TikTok Indonesia ajak netizen Indonesia untuk menerbarkan kebaikan melalui gerakan #SerunyaBerbagi

Liputan6.com, Jakarta - Di bulan Ramadan 2024, TikTok Indonesia menyelenggarakan gerakan #SerunyaBerbagi, kampanye ini mengajak netizen Indonesia untuk menyebarkan kebaikan melalui kegiatan bermanfaat sekaligus menemukan konten menghibur di aplikasi tersebut.

Anggini Setiawan, selaku Head of Communications TikTok Indonesia mengungkapkan platform ini akan berkomitmen untuk memberikan inspirasi melalui konten yang ada di aplikasi ini, sekaligus mengkampanyekan kebaikan Ramadan melalui gerakan #SerunyaBerbagi.

Selama Ramadan, TikTok telah melakukan survey terhadap konten yang diminati oleh pengguna aplikasi.

"Hasil survey kami menunjukkan 80 persen pengguna menggunakan TikTok untuk menonton dan mencari konten hiburan, lalu insight kedua 83% masuk ke aplikasi untuk mencari inspirasi seperti nonton tips kesehatan, berbagi tips DIY," ujar Anggini.

Ia menambahkan, 1 dari 2 pengguna mengatakan akan menggunakan TikTok saat merayakan Lebaran 2024.

Anggini menjelaskan, terdapat tiga tren yang merajai platform saat ini, yaitu 'berburu takjil', 'ngabuburit', dan 'menu berbuka'. Selain itu, konten berbagi tips juga menjadi trending di TikTok. Pengguna TikTok sangat menikmati konten-konten berbau Ramadan di aplikasi ini.

Semangat komunitas untuk berbagi inspirasi dan hiburan selama bulan suci menjadi inspirasi TikTok Indonesia untuk menggerakkan kampanye #SerunyaBerbagi.

Dalam gerakan ini, TikTok akan menyelenggarakan berbagai kegiatan seru di platform mereka, yakni Stiker Donasi, cari hiburan di TikTokTainment Hub, hingga challenge berhadiah THR Rp 15 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berdonasi Melalui 'Stiker Donasi'

Untuk mengkampanyekan gerakan ini, TikTok Indonesia meluncurkan fitur terbarunya, yaitu 'Stiker Donasi'. Stiker ini dapat disematkan oleh kreator di video pendek, Live TikTok, dan laman profil pengguna.

Pengguna TikTok bisa berdonasi dengan mengklik 'Stiker Donasi' pada unggahan konten yang terdapat stiker tersebut. Donasi dari stiker ini disalurkan ke lembaga non-profit yang bekerjasama dengan TikTok.

Lembaga tersebut ialah YCAB, FOI (Foodbank of Indonesia), PLUS (Platform Usaha Sosial), BenihBaik, dan EduFarmers.

"Siapapun yang membuat konten di TikTok, baik itu short video ataupun Live, bisa menyematkan stikernya. Sehingga mengundang siapapun yang menonton video itu untuk berdonasi," ujar Anggini.

Anggini menyampaikan, donasi yang masuk dikelola dan disalurkan oleh mitra penyaluran amal global TikTok yang bernama Percent.

"Donasi yang disalurkan tidak akan masuk ke TikTok, melainkan masuk dan dikelola oleh Percent," ucap Anggini menambahkan.

Fitur ini dapat mempermudah pengguna TikTok untuk berdonasi sekaligus terhibur dengan konten yang disajikan.

3 dari 4 halaman

TikTok berikan Challenge #SerunyaBerbagi bagi Kreator dan Pengguna, Berhadiah Rp 15 Juta

Di tahun ini, TikTok Indonesia kembali menggelar challenge #SerunyaBerbagi untuk memeriahkan bulan Ramandan dan Hari Raya Idul Fitri.

Challenge ini mengajak kreator dan pengguna TikTok untuk menyebarkan video hiburan yang kreatif dan menarik, konten inspiratif, berbagi kebaikan, tips Ramadan, hingga video fesyen dan dekorasi bernuansa Ramadan.

Untuk mengikuti challenge ini, pengguna cukup mengunggah dua (2) video berdurasi minimal 60 detik atau melalui fitur Photo Mode, lalu unggah dengan menyertakan tagar #SerunyaBerbagi.

Tiga kreator yang beruntung dengan konten terbaik akan berkesempatan memenangkan hadiah berupa THR dari TikTok senilai Rp15 juta.

Challenge ini berlangsung mulai 9 Maret - 15 April 2024.

4 dari 4 halaman

Temani Ngabuburit lewat Konten di TikTok

TikTok menghadirkan beragam konten dari berbagai kreator di Indonesia untuk mengisi waktu ngabuburit melalui TikTokTainment Hub.

Konten yang disajikan oleh kreator TikTok tidak hanya menghibur, tetapi juga inspiratif.

Untuk mengakses rekomendasi konten seru di TikTok, cukup cari "TikTokTainment Hub" di kolom pencarian.

Di TikTokTainment Hub, terdapat berebagai rekomendasi konten yang dapat mengisi waktu luang saat menunggu berbuka.

Konten yang disajikan termasuk rekomendasi film, serial, serta tontonan seru lainnya dari berbagai genre.

Pengguna juga dapat menemukan tren musik yang sedang trending serta video-video lucu melalui TikTokTainment Hub.

Melalui TikTokTainment Hub, diharapkan pengguna akan mendapat hiburan dan konten inspiratif untuk menemani waktu ngabuburit hingga saat berbuka puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.