Sukses

Review Samsung Galaxy A55 5G: HP Rp 6 Jutaan dengan Desain dan Fitur Ala Flagship

Tekno Liputan6.com akan memberikan ulasan terkait pengalaman menggunakan Galaxy A55 5G. Simak review lengkapnya berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Awal bulan Ramadan 2024, Samsung resmi menghadirkan Galaxy A55 5G ke pasar Indonesia. Smartphone ini rilis untuk menggantikan pendahulunya, Galaxy A54 5G yang laris manis di pasaran.

Perubahan utama dari HP Samsung ini dari generasi sebelumnya adalah peningkatan pada material bodi yang dipakai.

Galaxy A55 5G kini mengusung bodi berbahan metal yang mengelilingi sisi HP dan kaca di bagian belakang. HP ini mengusung desain Key Island di sisi kanan smartphone.

Spesifikasi smartphone ini juga mengalami peningkatan, pada Samsung Galaxy A55 5G dibenamkan chipset Exynos 1480. SoC ini memberikan peningkatan di segi performa dan pengelolaan grafis.

Sektor kamera juga menjadi unggulan di HP Android dari Samsung ini, Galaxy A55 5G dibekali tiga kamera belakang dengan konfigurasi lensa utama 50MP, lensa ultrawide 12MP, dan lensa makro 5MP.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk mencoba langung Galaxy A55 5G untuk menemani aktivitas sehari-hari, sekaligus menguji kamera dan performa serta fitur-fitur lain yang jadi unggulan.

Setelah mencoba HP baru Samsung ini selama satu pekan. Tekno Liputan6.com akan memberikan ulasan terkait pengalaman menggunakan Galaxy A55 5G. Simak review lengkapnya berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Desain

Samsung menyebut desain yang digunakan oleh A55 5G sebagai "Galaxy Design". Perusahaan menyebut bahasa desain ini telah menjadi identitas HP Samsung seri-seri baru.

Penggunaan material kaca di bagian belakang dan frame berbahan metal memberikan kesan mewah saat digenggam. Dengan adanya kaca kuat Corning Gorilla Glass Victus+ di bagian layar membuat smartphone ini tahan terhadap goresan.

Unit yang kami gunakan adalah varian Awesome Iceblue. Warna ini sekilas terlihat seperti warna putih, namun apabila dilihat dengan lebih detail akan terlihat sedikit warna kebiruan di bagian belakang HP ini.

Warna putih dari varian ini membuat sidik jari tidak terlihat di bodi belakang smartphone. Frame metal yang digunakan memiliki desain ala brushed metal dengan sudut tegas di sisi-sisinya.

Saat pertama kali memegang Galaxy A55 5G, frame yang digunakan akan terasa tajam saat digenggam.

Namun setelah beberapa jam memegang HP ini, tangan akan terbiasa dan feel tajam dari HP ini sudah tidak begitu terasa.

Terdapat varian lain yang dihadirkan oleh Galaxy A55 5G, yakni Awesome Lilac dan Awesome Navy.

Terdapat sentuhan unik di sisi kanan ponsel. Terdapat desain Key Island yang membuat sisi tombol volume dan power sedikit menonjol.

Penerapan desain ini memberikan kenyamanan lebih ketika digenggam, mengingat bodi kaca dan frame metal dari HP ini menjadikan HP ini terasa licin saat dipegang.

Pada sisi atas smartphone terdapat microphone dan SIM Tray yang dapat menampung dua SIM maupun satu SIM dengan microSD yang dapat menampung hingga kapasitas 1TB.

Lalu, pada bagian bawah terdapat port USB-C untuk pengecasan dan transfer data via kabel, lubang speaker, dan dua lubang microphone. Sementara di sisi kiri hanya terdapat dua garis antena.

3 dari 8 halaman

Layar Galaxy A55 5G

Samsung Galaxy A55 5G mengusung layar Super AMOLED berukuran 6.6 inch dengan resolusi FHD+ 1080 x 2340 piksel.

Panel yang digunakan memiliki teknologi refresh rate adaptif hingga 120Hz. Selain itu, panel ini juga memiliki fitur HDR10+ dan diklaim memiliki kecerahan hingga 1000 nits.

Layar ini memberikan reproduksi warna yang mencolok dan warna hitam yang pekat, khas layar AMOLED. Dengan kecepatan refresh hingga 120Hz, pengalaman navigasi di ponsel ini terasa lebih mulus.

Visibilitas Galaxy A55 5G juga dapat diandalkan, dengan tingkat kecerahan hingga 1000 nits di mode kecerahan tinggi (HBM), panel dari A55 5G tetap terlihat tajam meskipun berada di bawah terik matahari.

Meskipun memiliki kualitas panel yang baik, terdapat bezel yang cukup tebal mengelilingi layar Galaxy A55.

Bezel di HP ini bukan kelemahan yang berarti, namun mengingat smartphone lain di kelas harga yang sama memiliki bezel yang tipis bahkan memiliki edge pane, hal ini dapat menjadi kekurangan dari A55 5G.

4 dari 8 halaman

Performa

Terdapat peningkatan spesifikasi dari generasi sebelumnya dalam hal chipset atau chip yang memendukung kinerja Galaxy A55 5G. Pada smartphone ini terpasang chipset Exynos 1480 yang jadi penerus dari 1380.

Prosesor ini memiliki 4 core performa tinggi Cortex-A78 dengan clock speed 2.75 GHz dan 4 core efisiensi Cortex-A55 dengan clock speed 2.0.

Untuk mengelola grafis, Exynos 1480 menggunakan GPU Samsung Xclipse 530, chip grafis ini merupakan hasil kolaborasi Samsung dan AMD. Xclipse 530 menjanjikan performa grafis dan pengalaman game yang mumpuni.

Chipset ini ditemani dengan RAM 8GB dengan storage 256GB bertipe UFS.

Kehandalan dari performa smartphone ini terlihat dari hasil uji performa dimana skor AnTuTu V.10.2.3 yang diraih oleh Galaxy A55 5G mencapai 732 ribu poin.

Kemudian, HP ini sanggup meraih skor 1139 untuk single core dan 3310 untuk multi core di Geekbench 6.

Performa untuk Main Gim

Galaxy A55 5G dapat melibas sejumlah game populer di Android. HP ini dapat menjalankan game dengan lancar dengan frame rate yang stabil.

Untuk bermain Mobile Legends, smartphone ini dapat dijalankan dengan frame rate tinggi 60FPS dengan grafis High. Setelah bermain selama 30 menit, suhu internal dari HP ini mencapai 43°C dengan laju bingkai mulus di 59-60 FPS.

Bermain PUBG Mobile juga dapat dilibas dengan enteng. Setting grafis maksimal yang dapat diraih adalah HDR-Ultra 40FPS. Terdapat pula opsi grafis Smooth-Extreme 60FPS.

Sebagai informasi, Galaxy A55 5G memiliki sensor giroskop hardware yang dapat membantu pergerakan di PUBG Mobile

HP ini mampu jalankan PUBGM selama 30 menit dengan frame rate mulus di 58-60FPS dengan suhu internal mencapai 42°C.

Main Game e-Football dapat dijalankan dengan grafis tinggi dengan frame rate 60-FPS. Game ini dapat dijalankan dengan lancar dengan mulus di 59-60FPS dengan capaian suhu 40°C selama 30 menit.

Untuk game Subway Surfers, game ini dapat berjalan di laju bingkai maksimal 120FPS. Memainkan game yang mendukung 120FPS seperti Subway Surfers memberikan pengalaman bermain yang lebih mulus.

Meskipun HP ini dapat menjalankan game casual di atas dengan lancar, terdapat sejumlah catatan penting dari pengujian tersebut.

Bodi dari Galaxy A55 5G akan terasa hangat apabila dipakai bermain game dengan durasi yang lama. Penggunaan bodi belakang kaca membuat suhu bodi lebih cepat terasa di tangan.

Disarankan untuk menggunakan fan cooler untuk mendinginkan suhu smartphone atau gunakan casing agar tetap nyaman bermain dalam jangka waktu lama.

5 dari 8 halaman

Kamera

Samsung Galaxy A55 menawarkan hasil foto yang berkualitas tinggi untuk kelas harga Rp 6 jutaan. Bahkan, beberapa hasil foto terlihat bersaing dengan kelas harga di atasnya.

Galaxy A55 5G dibekali dengan tiga kamera yang berjejer secara vertikal. Lensa utama menggunakan sensor 50MP dengan stabilisasi OIS, ultrawide 12MP, dan makro 5MP. Untuk kamera depan menggunakan sensor 32MP.

Foto yang ditangkap oleh kamera Galaxy A55 memberikan hasil yang terang dengan warna yang vibrant khas kamera Samsung. Dengan tambahan fitur 50MP di kamera belakang, HP ini dapat menangkap detail yang lebih tajam.

Fitur unggulan dari Galaxy A55 adalah fitur Nightography yang dapat menangkap foto dengan hasil maksimal meskipun di kondisi kurang cahaya.

Pemrosesan ketika menggunakan fitur Nightography memakan waktu lebih lama dari jepretan biasa. Oleh karena itu, pastikan tangan tetap stabil saat memotret.

6 dari 8 halaman

Audio dan Fitur Lain

Galaxy A55 5G menggunakan sistem audio dual stereo di bagian earpiece dan lubang speaker di bagian bawah HP.

Kedua speaker tersebut didukung dengan teknologi Dolby Atmos. Fitur tersebut juga ditemani dengan ekualiser yang dapat disesuaikan dengan selera pengguna.

Suara yang dihasilkan oleh A55 5G terdengar jernih, nyaring, dan memiliki bass yang 'nendang'.

Fitur tak kalah penting yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A55 adalah proteksi tahan air dan debu IP67. Diklaim HP ini dapat ditenggelamkan ke dalam air hingga 30 menit tanpa kendala.

7 dari 8 halaman

Sistem Android dan Keamanan dari A55 5G

Galaxy A55 5G hadir dengan One UI 6.1 berbasis Android 14. Smartphone ini dijanjikan mendapat pembaruan OS selama 4 tahun dan pembaruan keamanan selama 5 tahun.

Komitmen tersebut memberikan kenyamanan bagi pengguna yang ingin menggunakan ponsel ini dalam jangka waktu lama, karena fitur dan keamanan dari A55 5G akan terjamin hingga 5 tahun.

Keamanan juga menjadi hal yang diperhatikan oleh Samsung. Galaxy A55 memiliki sistem keamanan bernama Samsung Knox Vault.

Fitur ini menggunakan sistem keamanan berbasis hardware yang dapat melindungi beberapa data dari serangan hacker, baik melalui software maupun hardware.

Data yang dilindungi oleh Knox Vault berupa data pribadi, kredensial lock screen (pola, PIN, kata sandi), hingga enkripsi data pengguna di perangkat.

8 dari 8 halaman

Kesimpulan

Galaxy A55 menawarkan kesan dan fitur khas flagship Samsung di harga yang masuk akal bagi mayoritas pembeli.

Desain premium yang dibalut dengan kaca dan metal memberi kesan mewah saat memegang HP ini.

Exynos 1480 di Galaxy A55 menghadirkan performa yang apik. Game yang dimainkan di smartphone Samsung ini dapat berjalan dengan lancar dengan FPS yang stabil.

Selain itu kamera dari A55 mampu hasilkan foto yang tajam dan warna yang vibrant baik saat kondisi cahaya cukup, maupun saat cahaya redup dengan Nightography di A55 5G.

Sektor keamanan juga diperhatikan oleh Samsung dengan menghadirkan Knox Vault di Galaxy A55 5G. Fitur keamanan berbasis hardware ini dapat melindungi data pengguna dari serangan hacker.

Masih ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh Galaxy A55, seperti bezel yang cukup tebal, suhu bodi yang cenderung hangat saat bermain game, dan bodi yang cukup licin saat dipegang.

Dengan segala fitur yang dimiliki oleh Galaxy A55 5G, Harga 6 Jutaan yang dibanderol oleh Samsung dirasa sesuai dengan apa yang dihadirkan oleh A55 5G.

Fitur khas flagship dan kamera yang berkelas dapat menarik minat calon pembeli yang ingin memiliki HP dengan kemampuan all-rounder di harga yang kompetitif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.