Sukses

Cara Pulihkan Data yang Hilang Usai Reset HP Android, Simak Langkah-Langkahnya

Tekno Liputan6.com akan kasih tau kamu cara kembalikan data kamu yang hilang setelah reset HP Android kamu dengan maupun tanpa backup!

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa dari kamu mungkin pernah menghapus seluruh data di smartphone Android dengan mereset data pabrik HP kamu.

Reset data pabrik membuat HP Android milikmu menghapus seluruh data penting termasuk dokumen, foto, video, chat, dan file lainnya yang tersimpan.

Jika kamu saat ini sedang mengalami masalah tersebut, Tekno Liputan6.com akan memberikan tips cara mengembalikan data penting mau setelah reset data perangkat.

Cara Kembalikan Data yang Hilang setelah Reset Smartphone dengan Google Backup

Jika kamu mengaktifkan Google Backup sebelum melakukan reset pabrik, proses pemulihan data akan yang jauh lebih sederhana. Berikut caranya:

  • Setelah mereset HP kamu, login dengan akun Google yang sebelumnya telah ada di smartphone kamu sebelumnya.
  • Kamu akan diarahkan untuk memilih backup yang ingin dipulihkan. Pilih cadangan terbaru yang kamu buat.
  • Google akan secara otomatis memulihkan data cadangan kamu, termasuk kontak, pesan, data aplikasi, dan pengaturan tertentu.

Cara Kembalikan Data yang Hilang setelah Reset Smartphone tanpa Backup

Jika kamu tidak melakukan backup sebelum reset perangkat Android kamu, ada aplikasi yang bisa mengembalikan data kamu yang hilang tanpa perlu backup.

DroidKit adalah salah satu solusi aplikasi untuk memulihkan data setelah melakukan reset smartphone Android Stanpa membuat backup lebih dulu.

Dikutip dari GizChina, Kamis (14/3/2024), aplikasi ini mendukung pemulihan berbagai jenis data Android dari berbagai perangkat. DroidKit menawarkan empat mode pemulihan data dengan cepat dan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Kembalikan Data Lewat DroidKit

  • DroidKit mendukung pemulihan berbagai tipe data dari lebih dari 20.000 ponsel dan tablet Android. Data yang dipulihkan adalah foto, pesan, kontak, log panggilan, video, obrolan WhatsApp, dan bahkan file.
  • DroidKit memprioritaskan keamanan data, mencegah penyimpanan data yang sudah ada, dan meminimalkan risiko kehilangan atau kebocoran data.
  • DroidKit dapat berjalan di smartphone Samsung. Untuk perangkat Samsung, DroidKit bahkan dapat memulihkan data dari ponsel dengan sistem yang rusak.

Berikut adalah cara penggunaan DroidKit:

  • Unduh dan install DroidKit di komputer kamu
  • Buka aplikasi DroidKit, lalu klik Quick Recovery from Device.
  • Kamu akan melihat beberapa jenis data yang didukung program pemulihan. Pilih semua atau beberapa di antaranya untuk memulai.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menghubungkan perangkat Android kamu melalui kabel USB.
  • Kamu dapat melihat pratinjau dan memulihkan foto dan data lainnya dari Android Ke Perangkat atau dari Android Ke PC.
3 dari 4 halaman

Reset Data Pabrik bisa Bikin Pusing Pengguna

Kehilangan data setelah reset pabrik bisa bikin stres, tapi dengan alat dan teknik yang tepat, masih ada harapan untuk pemulihan. 

Penggunaan Google Backup dan DroidKit adalah cara yang efektif untuk memulihkan data yang telah hilang akibat reset data pabrik di Android.

Meskipun terdapat beberapa cara yang mudah dan aman dalam memulihkan data yang hilang, perlu diingat reset data pabrik dapat menghapus seluruh data dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memulihkannya.

4 dari 4 halaman

Cek Fakta : Infografis pencurian data

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.