Sukses

Blibli Gelar Promo Menarik Sambut Ramadan, Tawarkan Cashback hingga Diskon

Blibli menggelar program THR Ramadan Bersama Blibli yang menawarkan beragam penawaran spesial, mulai dari cashback hingga diskon.

Liputan6.com, Jakarta - Blibli menghadirkan rangkaian promo belanja spesial bertajuk THR Ramadan Bersama Blibli yang diadakan mulai 11 Maret hingga 1 april 2024. Di program ini, Blibli menawarkan beragam penawasan spesial di masa Ramadan tahun ini.

Beberapa program yang dihadirkan Blibli adalah voucher Gercep Setiap Hari hingga 90 persen, cashback tambahan hingga Rp 500.000, brand deals dengan diskon besar-besar, serta penawaran seru lainnya.

Menurut Head of Campaign Blibli Wilson Kiantoro, program yang ditawarkan Blibli ini memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi pelanggan untuk berbelanja.

Terlebih, mengutip data The Trade Desk di akhir 2023, satu dari tiga orang Indonesia berencana berbelanja lebih banyak menjelang dan selama bulan Ramadan hingga momen Lebaran 2024.

Riset ini juga menyebut 85 persen dari total responden mencoba berbagai brand baru.

"Dilihat dari tren yang terus terjadi setiap tahunnya, jumlah belanja di Blibli meningkat dua kali lipat pada Ramadan 2023 jika dibandingkan tahun sebelumnya," tutur Wilson dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (13/3/2024).

Berkaca dari program Ramadan Bersama Blibli di 2023, ada tiga kategori produk paling dicari masyarakat ketika belanja online, yakni kebutuhan sehari-hari di Bliblimart, peralatan rumah tangga, dan produk kesehatan dan kecantikan.

Untuk itu, di program THR ini, Blibli menghadirkan lebih banyak pilihan dan kemudahan. Salah satunya Bliblimart yang menawarkan beberapa penawaran seperti 2 Jam Pasti Sampai, Promo Flash Sale Serba Rp 5 Ribu, dan gratis ongkir.

Selain itu, penjualan produk elektronik juga mengalami pertumbuhan positif di bulan puasa. Sebagai contoh, mesin cuci yang hingga dua kali lipat di momen Ramadan tahun lalu.

Untuk itu, Blibli kembali menawarkan promo belanja seru untuk produk elektronik rumah tangga seperti mesin cucui, vacuum cleaner, TV hingga AC. Ada pula beberapa voucher menarik hingga fitur cicilan 0 persen bebas biaya.

Dalam periode ini, Blibli juga menawarkan promo spesial belanja produk Samsung dengan cashback hingga Rp 500 ribu untuk beberapa produk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Blibli Terapkan AI di Layanan Purnajual Buat Mudahkan Pengembalian Barang Konsumen

Di sisi lain, Blibli juga sempat mengungkapkan bagaimana mereka menerapkan teknologi artificial intelligence (AI) dalam layanan purnajualnya.

Blibli menyebut, penerapan AI dan algoritma machine learning (ML) sudah menjadi salah satu kunci efisiensi dan peningkatan layanan bisnis, sejak beberapa tahun terakhir.

Perusahaan menyebut, salah satu tantangan yang mereka hadapi sebagai pelaku industri e-commerce, adalah menjaga kepuasan pelanggan di fase purnajual.

Untuk itu, Blibli melakukan inovasi bisnis dengan penerapan teknologi AI dan ML pada proses retur barang secara instan.

Menurut Blibli, pada fase purnajual, para konsumen kerap bingung dengan mekanisme pengembalian barang yang benar, aman dan nyaman, serta kesulitan mencari informasi tentang hal tersebut.

3 dari 4 halaman

Penerapan Teknologi AI dan ML di Blibli

Padahal berdasarkan survei Statista rilisan Juni 2023, kemudahan pengembalian barang menjadi satu pertimbangan utama masyarakat Indonesia dalam memilih platform e-commerce.

Maka dari itu, Blibli pun menerapkan teknologi AI dan ML, dengan menghadirkan Solusi Retur Instan melalui website atau aplikasinya.

Azizah Purwitasari, Head of Business Process Transformation Blibli mengatakan dengan fitur ini, pelanggan akan dimudahkan saat melakukan pengembalian barang sesuai ketentuan.

Pelanggan pun cukup mengikuti panduan pada form yang muncul di aplikasi dan website Blibli.

"Termasuk wajib melampirkan foto produk, maka teknologi AI Damage Product Detection akan melakukan pengecekan otomatis terkait kondisi barang yang ingin dikembalikan," ujarnya.

"Selanjutnya AI Auto Solution Recommendation akan menggunakan data hasil pengecekan tersebut beserta data riwayat belanja pelanggan dan ketentuan retur produk untuk memberikan solusi." 

4 dari 4 halaman

Tahap Pengembalian

Solusi Retur Instan untuk pengembalian barang ini dapat ditemukan pelanggan Blibli pada tahap pasca pembelian atau setelah transaksi selesai.

Jika terdapat ketidaksesuaian pada barang yang diterima, dan ingin melakukan pengembalian, pelanggan Blibli dapat memprosesnya langsung secara mandiri.

Di sini, pengguna harus terlebih dulu memilih dan foto barang yang ingin dikembalikan. Kemudian, dia harus melengkapi dan mengirim formulir secara daring untuk mendapatkan nomor pengajuan yang bisa digunakan memantau proses berjalan.

Bila diperlukan informasi lebih lanjut, pelanggan akan dihubungi oleh Blibli Care Agent.

Di proses tersebut, Blibli menggunakan fitur AI Damage Product Detection, yang bekerja untuk mendeteksi kondisi barang yang ingin dikembalikan secara otomatis, melalui foto yang dilampirkan pelanggan.

Fitur tersebut juga bakal memberikan rekomendasi solusi. Misalnya, apabila barang diterima dalam keadaan rusak, hasil deteksi AI pada foto akan memberi instruksi ke pusat retur untuk segera mengirim produk pengganti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini