Sukses

XL Axiata dan Alita Luncurkan Layanan Rekam Medis Elektronik, Begini Cara Kerjanya

XL Axiata Akses Sehat merupakan layanan konektivitas dan solusi pintar yang dapat melakukan Rekam Medis Elektronik (RME) di bidang kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendukung Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 24 tahun 2022 tentang rekam medis, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) menggandeng Alita Praya Mitra (Alita) meluncurkan XL Axiata Akses Sehat.

Melalui kebijakan PMK tersebut, fasilitas layanan kesehatan diwajibkan menjalankan sistem pencatatan riwayat medis pasien secara elektronik yang terintegrasi dengan platform SatuSehat Kemenkes.

XL Axiata Akses Sehat sendiri merupakan layanan konektivitas dan solusi pintar yang dapat melakukan Rekam Medis Elektronik (RME) di bidang kesehatan.

Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, mengatakan layanan ini adalah langkah nyata dalam mendukung program inklusi akses internet dan layanan kesehatan yang lebih baik.

"Keberadaan akses internet yang merata di Indonesia sangat penting, khususnya dalam mendukung program pemerintah dalam penyediaan layanan kesehatan di faskes," kata Feby melalui keterangan resminya, Senin (11/3/2024).

Sementara Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, Teguh Prasetya, menekankan bahwa koneksi internet yang cepat dan stabil merupakan modal utama dalam pertumbuhan ekonomi digital.

"Penggunaan solusi kesehatan tidak hanya di rumah sakit, namun diperlukan di fasilitas kesehatan lain, seperti Puskesmas dan Posyandu sebagai garda terdepan tindakan pencegahan dan deteksi dini penyakit yang diperlukan oleh masyarakat," ujar Teguh.

Ia menambahkan Alita berkomitmen terus berkolaborasi menciptakan solusi yang dapat di akses oleh seluruh masyarakat Indonesia."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Integrasi Informasi Efisien

Kolaborasi antara XLABS, Alita, dan pemangku kepentingan lainnya menandai langkah penting dalam mempercepat transformasi digital di sektor kesehatan Indonesia.

Staf Ahli bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes RI, Setiaji, dalam sambutan virtual mengatakan, solusi XL Axiata Akses Sehat ini diharapkan dapat meningkatkan secara signifikan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan di seluruh negeri.

"XLABS dan Alita bisa bersama-sama mengeksplorasi inovasi teknologi smart healthcare dengan layanan inovatif dan solusi cerdas, membuka pintu bagi akses yang lebih mudah dan terjangkau pelayanan kesehatan berkualitas untuk semua lapisan masyarakat," ucap Setiaji.

Solusi cerdas yang XLABS dan Alita tawarkan, katanya, merupakan integrasi informasi efisien antara penyedia layanan kesehatan dan pasien, juga bisa membuka pintu bagi perawatan yang lebih terkoordinasi dan efektif.

3 dari 4 halaman

Cara Kerja XL Axiata Akses Sehat

XL Axiata Akses Sehat berisi perangkat yang dipakai untuk cek kesehatan pasien. Data yang diambil dari perangkat dikirim lewat koneksi bluetooth ke aplikasi petugas kesehatan.

Data pengecekan kesehatan direkam oleh aplikasi dan dikirim ke cloud server melalui jaringan gigabit internet XLABS.

Lalu, pasien secara langsung bisa melihat hasil rekam medis melalui aplikasi.

Kelebihan dan Manfaat XL Axiata Akses Sehat

  • Kemudahaan dalam pencatatan hasil cek kesehatan
  • Terkoneksi dengan RME institusi Kesehatan
  • Analisis resiko penyakit masyarakat
  • Penyuluhan jarak jauh
  • Perangkat mudah dibawa ke mana saja 

Tawarkan Dua Paket

  • Paket XL Axiata Akses Sehat + akses internet dengan kecepatan up to 500 Mbps.
  • Paket XL Axiata Akses Sehat + akses internet dengan kecepatan up to 1 Gbps.

Benefit Berlangganan Paket XL Axiata Akses Sehat

  • Bandwidth 500 Mbps/1 Gbps.
  • Set perangkat XL Axiata Akses Sehat.
  • Platform IoT XL Axiata Akses Sehat.
  • Warranty & support maintenance
4 dari 4 halaman

Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.