Sukses

Oppo Resmi Rilis Jam Tangan Pintar Oppo Watch X, Pakai Dua Chipset dan Baterai Kuat 100 Jam

Meski memiliki ukuran yang cukup besar, Oppo Watch X,diklaim nyaman saat dipakai berkat material premium yang digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menggoda fans dengan merilis teaser produk IoT terbaru, Oppo resmi merilis Oppo Watch X. Jam pintar ini menjanjikan masa pakai baterai yang panjang di kelasnya, beragam mode olahraga, hingga durabilitas yang lebih tinggi.

Oppo Watch X dibanderol Rp 5.999.000 dan akan dibuka preorder 1-15 Maret 2024. Perangkat ini akan tersedia pada 16 Maret 2024.

Punya desain yang simpel, Oppo Watch X memiliki tombol Home dan sebuah tombol bernama Easy Button yang jauh lebih nyaman saat ditekan dibandingkan dengan jam pintar lainnya.

Jam tangan pintar ini memiliki bentuk melingkar dengan hanya satu ukuran yakni 46mm. Oppo juga menghadirkan tali jam untuk olahraga yang terbuat dari rubber dengan lebar 22mm (standar). Selain itu, tali jam tersebut dapat diganti dengan versi yang lebih formal atau sesuai selera, tanpa perlu alat khusus.

Meski memiliki ukuran yang cukup besar, Oppo mengklaim kalau jam tangan pintar ini nyaman saat dipakai berkat material premium yang digunakan.

Jam pintar ini juga tangguh dan telah mendapatkan standar militer MIL-STD-810H. Adapun bagian depannya dilapisi dengan kaca kristal safir dengan bentuk melengkung. Disebutkan, jika dibandingkan dengan tempered glass, Sapphire crystal glass yang dipakai di Oppo Watch X lebih tahan gores.

Selain material kaca safir kristal, Oppo Watch X juga dibuat dengan material baja tahan karat sehingga membuatnya punya ketahanan berstandar militer.

Dengan begitu, Oppo Watch X diklaim bisa digunakan di kondisi lingkungan ekstrim. Misalnya dapat menahan suhu 55 derajat C, tetap menyala saat dipakai di suhu minus 22 derajat C, bahkan tetap bisa dipakai di air.

Smartwatch ini juga dibekali rating IP68 dan ketahanan air 5ATM sehingga bisa dipakai untuk berenang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakai Google WearOS

Oppo Watch X menggunakan sistem operasi Wear OS milik Google. Hal ini membuat jam tersebut mampu menawarkan penggunaan berbagai aplikasi dan layanan dengan integrasi yang baik.

Oppo Watch X memungkinkan pengguna memodifikasi dan membalas pesan langsung dari jam tangan. Berbagai aplikasi seperti Google Maps, Google Assistant, dan layanan Google lainnya juga dioptimalkan.

Aplikasi lainnya pun bisa dipakai di jam ini mulai dari Spotify, YouTube Music, Strava, hingga MyFitnessPal dan lain-lainnya.

Masa Pakai Baterai hingga 100 Jam

Salah satu hal yang digarisbawahi Oppo dalam produk ini adalah ketahanan baterainya yang bisa dipakai hingga 100 jam atau 4 harian untuk penggunaan normal.

Misalnya, untuk menerima notifikasi aktif, memantau kualitas tidur, atau mengaktifkan mode olahraga, hingga melakukan panggilan melalui Bluetooth.

Oppo mengklaim Oppo Watch X merupakan smartphone dengan daya tahan baterai paling kuat dibandingkan jam tangan lainnya.

Sementara saat mengaktifkan mode hemat daya, jam pintar ini bisa bertahan sampai 12 hari. Meski dalam mode hemat, Oppo Watch X juga diklaim tetap menawarkan pelacakan kesehatan dan kebugaran, serta berbagai fitur pintar lainnya.

Sekadar informasi, Oppo Watch X memiliki kapasitas daya 500 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat Oppo Vooc Flash Charge. Pengisian daya bisa dilakukan dengan charger milik smartphone Oppo.

Oppo mengklaim, jika diisi selama 10 menit dengan Watch VOOC Fast Charging, jam ini dapat dipakai hingga 24 jam. Pengisian penuh membutuhkan waktu 60 menit.

3 dari 4 halaman

Gunakan Dua Chipset

Rahasia dari masa pakai baterai yang panjang di Oppo Watch X terletak dari penggunaan dua chipset. Pertama Oppo menggunakan chipset Snapdragon W5 Gen 1 dan kedua adalah chipset BES2700 MCU yang membuat penggunaan daya efisien, tentunya dengan optimasi arsitektur engine Oppo.

Oppo menyebut, kedua chipset ini memiliki tugas masing-masing dalam Oppo Watch X.

Saat pengguna memeriksa notifikasi, waktu, menggeser layar, serta menggunakan fitur pelacakan kebugaran tertentu, jam akan menggunakan chipset BES 2700 MCU.

Sementara, saat meluncurkan aplikasi berbasis Wear OS, jam tangan akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon W5 Gen 1. Peralihan kerja chipset ini juga diklaim tanpa lag sama sekali berkat arsitektur dual engine Oppo.

Oppo menjanjikan arsitektur dual engine Oppo bisa mengurangi konsumsi daya hingga lebih dari 70 persen, hal ini yang membuat Oppo Watch X hemat daya.

4 dari 4 halaman

Infografis Jam Malam di Jakarta, Perlukah? (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.