Sukses

Ini yang Dilakukan Telkomsel Untuk Jaga Jaringan Saat Pemilu 2024

Telkomsel melakukan pengujian dan optimalisasi infrastruktur jaringan untuk memastikan telekomunikasi saat Pemilu 2024 berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel turut menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi rakyat Indonesia, Pemilu 2024, dengan memastikan kapabilitas cakupan jaringan broadband di seluruh Indonesia.

Sebelum hari H Pemilu pada 14 Februari 2024, Telkomsel memastikan kesiapan infrastruktur jaringan untuk menjaga akses komunikasi dan pengalaman digital pelanggan selama Pemilu berlangsung.

Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna menyebut, untuk tetap menjaga kualitas layanan selama Pemilu 2024, Telkomsel memastikan semua langkah telah diambil.

Dengan begitu pelanggan bisa terus mengakses layanan komunikasi dan digital dengan lancar selama pemilihan berlangsung.

"Telkomsel telah melakukan pengujian dan optimalisasi infrastruktur jaringan Telkomsel yang meliputi lebih dari 97 persen wilayah populasi Indonesia," kata Indra, dikutip dari keterangan resmi Telkomsel.

Tidak hanya itu, Telkomsel menyiapkan 13 posko di seluruh wilayah kerja perusahaan yang merupakan bagian dari satuan gugus tugas Posko Telkom Group.

Guna mengatasi lonjakan trafik, Telkomsel juga mengecek dan lakukan rehearsal test pada 680 titik keramaian.

Termasuk di antaranya KPU, Bawaslu, hingga lokasi penting lain yang jadi fokus perhatian selama pemilihan, termasuk memanfaatkan kapasitas autonomous network dalam optimalisasi kinerja jaringan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh infrastruktur jaringan telah siap menghadapi tantangan trafik yang mungkin terjadi saat Pemilu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesiapan Jaringan XL Saat Pemilu 2024

Sebelumnya, XL Axiata menyiapkan jaringan untuk mendukung Pemilu 2024, termasuk hari pencoblosan pada Rabu 14 Februari 2024.

XL Axiata menyebut tak ada persiapan khusus untuk menyiapkan jaringan, namun perusahaan bertekad untuk menjaga jaringan agar pesta demokrasi bisa dinikmati oleh pelanggan dan masyarakat secara umum. 

Perusahaan menyebut kesiapan jaringan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan jaringan XL dan pengalaman pelanggan yang dilakukan XL Axiata sepanjang tahun. 

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan pihaknya telah jaringan dengan kapasitas yang mencukup untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan trafik di momen pemilu. 

"Kenyamanan dan kelancaraan aktivitas komunikasi pelanggan dan masyarakat jadi perhatian dan prioritas kami. Kami berharap jika terjadi lonjakan trafik, layanan tetap berjalan tanpa kendala yang berarti," kata I Gede, dikutip dari keterangan resmi XL Axiata. 

XL Axiata memerkirakan, selama pesta demokrasi akan terjadi peningkatan trafik 10 persen dibandingkan kondisi normal atau hari biasa. 

"Petugas dan tim jaringan XL Axiata siap siaga di lapangan maupun dari pusat pemantauan Customer Experience & Service Operation Center milik XL di Jakarta. Antisipasi jika kondisi darurat juga disiapkan untuk memastikan jaringan berkualitas," kata Gede. 

 

3 dari 4 halaman

Indosat Pastikan Jaringan Baik Saat Pemilu 2024

Indosat Ooredoo Hutchison memastikan kalau jaringan komunikasinya tetap berjalan dengan baik saat Pemilu 2024 mendatang. 

Informasi ini disampaikan Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah dalam konferensi pers mengenai kinerja perusahaan di tahun 2023 yang digelar Rabu (7/2/2024). 

"Trafik selama Pemilu tentunya kita menyiapkan jaringan, kita menyiapkan teman-teman di tim network operation siap 24 jam memastikan layanan Indosat berjalan dengan baik, kami melakukannya secara overall," kata Buldansyah yang biasa disapa Danny. 

Ia juga menyebutkan tim network dan operations mengenali titik-titik yang dinilai akan berpotensi mengalami keramaian, misalnya di tempat pemungutan suara (TPS). 

"Kita pastikan daerah-daerah memiliki layanan yang baik," kata Danny menambahkan. 

Jika ada lonjakan trafik, Danny menyebut, tim IOH bekerja di lapangan dan sebelumnya telah menyiapkan penambahan kapasitas bandwidth.

"Kapasitas di tempat-tempat tertentu ditambah agar tidak terjadi kekurangan selama berjalannya Pemilu," kata Danny. 

Adapun Presdir sekaligus CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan, Indosat Ooredoo Hutchison selalu memastikan jaringannya siap menghadapi hari-hari besar. Mulai dari Ramadan, Pemilu, dan lainnya. 

"Selama Pemilu, kami membuat pusat monitoring yang beroperasi 24 jam 7 hari. Kami ingin memastikan untuk menghadirkan pengalaman marvelous," kata Vikram.

4 dari 4 halaman

Kemeriahan Pemilu 2024 Dirayakan Google Lewat Google Doodle

Sementara, Google doodle hari ini, Rabu (12/2/2024), ikut meramaikan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan ilustrasi sederhana.

Adapun laman utama pencarian dihiasi Google doodle ilustrasi kotak suara lengkap dengan bendera merah putih.

Jika diperhatikan, dibelakang kotak suara ini juga tampil tulisan "Google" berwarna putih dengan latar belakang berwarna abu.

Saat Google doodle Pemilu 2024 diklik, pengguna akan diarahkan ke laman informasi terkait dengan Pemilu 2024 di Tanah Air.

Informasi, warga negara Indonesia hari ini akan melakukan pungutan suara Pemilu Serentak 2024. Kali ini, masyarakat akan memilih para anggota legislatif (DPRD kabupaten kota, provinsi, dan DPR RI).

Selain itu, warga juga akan memilih secara langsung siapa Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk masa jabatan 5 tahun mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.