Sukses

Nintendo Akan Tutup Sejumlah Layanan dan Game Online Wii U dan 3DS 8 April 2024, Apa Saja yang Terdampak?

Setelah pukul 07.00 ET atau 18.00 WIB pada tanggal 8 April 2024, Nintendo akan menutup sebagian besar layanan dan game online Wii U dan 3DS. Ini layanan yang terdampak.

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo mengungkapkan secara pasti kapan sebagian besar layanan dan game online yang tersisa untuk 3DS dan Wii U akan berakhir.

Setelah pukul 07.00 ET atau 18.00 WIB pada tanggal 8 April 2024, kamu tidak dapat lagi bergabung ke pertandingan multipemain di Splatoon atau memeriksa level pemain lain di Super Mario Maker.

Permainan co-op online, leaderboards, dan distribusi data adalah beberapa fitur yang tidak akan tersedia di konsol mana pun (kecuali kamu menemukan solusi buatan sendiri yang memadai).

Fitur Badge Arcade, yang memungkinkan pemain untuk menyesuaikan menu beranda Nintendo 3DS, juga akan ditiadakan. Demikian sebagaimana dikutip dari Engadget, Jumat (26/1/2024).

"Game online dan fungsi lain yang menggunakan komunikasi online akan mengakhiri layanan untuk perangkat lunak Nintendo 3DS dan Wii U. Terima kasih banyak atas dukungan Anda yang berkelanjutan terhadap produk kami," tulis Nintendo of America di platform X.

Nintendo sebelumnya mengatakan bahwa layanan online pada sistemnya akan berakhir pada awal April, namun hingga kini belum mengumumkan tanggal pastinya.

Perusahaan juga memperingatkan bahwa mereka mungkin harus menghentikan layanan lebih awal dari yang direncanakan--beberapa pemain sempat mengalami kesulitan mengaksesnya pada akhir 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Single-player Games Masih Terus Berfungsi

Game dan mode pemain tunggal akan terus berfungsi di kedua platform. Nintendo mengatakan bakal ada beberapa pengecualian pada akhir layanan online.

Perusahaan akan menyarankan agar pemain game pihak ketiga menghubungi publisher terkait untuk memeriksa apakah server mereka akan tetap berjalan atau tidak.

Perusahaan juga mencatat bahwa fitur Pokémon Bank dan Poké Transporter akan tetap tersedia untuk saat ini, dan pemain masih dapat mengunduh pembaruan dan permainan yang sebelumnya dibeli di salah satu sistem.

Sebelumnya, Nintendo telah menutup eShop di 3DS dan Wii U pada Maret 2023.

 

3 dari 4 halaman

Fitur Lain yang Akan Tetap Eksi

Salah satu fitur lain yang akan tetap ada adalah StreetPass di 3DS, karena fitur ini terhubung ke unit 3DS lain melalui komunikasi lokal. Namun SpotPass akan dihentikan karena memerlukan koneksi internet.

Sementara itu, perusahaan mengatakan pemilik 3DS dan Wii U memiliki waktu hingga pukul 01.00 ET pada 12 Maret untuk menggabungkan ID Jaringan Nintendo dan Akun Nintendo mereka.

Dengan melakukan langkah tersebut mereka dapat membelanjakan saldo yang belum terpakai di eShop sistem mana pun untuk game Nintendo Switch, DLC, dan konten digital lainnya.

4 dari 4 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.