Sukses

Videotron Jadi Trending Topic di Twitter, Apa Penyebabnya?

Videotron menjadi trending topic di jejaring sosial X alias Twitter, ada apa dan kenapa nama Anies Baswedan turut disebut?

Liputan6.com, Jakarta - Jejaring sosial Twitter yang kini bernama X ramai dengan percakapan warganet mengenai Videotron. Nama Anies Baswedan juga disebut-sebut dalam trending topic tentang Videotron tersebut.

Ada apa sebenarnya? Mengutip laporan kanal Pemilu Liputan6.com, Selasa (16/1/2024), hal ini lantaran reklame dalam bentuk Videotron calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, yang ada di wilayah Jakarta dan Bekasi di-takedown atau diturunkan.

Videotron itu bukanlah iklan yang dibuat oleh tim kampanye capres nomor urut 1, melainkan oleh orang-orang yang disebut-sebut sebagai sejumlah fan Kpop sebagai bentuk dukungan untuk Anies Baswedan.

Adalah akun @olpproject yang mengatasnamakan diri sebagai kumpulan fan yang membuat proyek untuk mendukung Anies Baswedan. Meski begitu, Olppaemi Project ini juga menyebut mereka tak terafiliasi dengan tim kampanye capres nomor 1.

Pada 5 Januari lalu, akun ini mengunggah informasi pembukaan pengumpulan dana alias fundraising project yang bersifat Humanies, untuk Humanies, dan tidak terafiliasi oleh tim mana pun.

Belakangan, akun lain yang menggunakan username @aniesbubble juga mengunggah video yang memperlihatkan Videotron Anies Baswedan.

Namun, kemarin, pada Senin 15 Januari 2024, akun ini kembali mengumumkan kalau LED Ads (Videotron dengan foto Anies Baswedan di dalamnya) yang dijadwalkan tayang seminggu yakni 15-21 Januari 2024 di Bekasi dan Jakarta tidak bisa lanjut tayang di lokasi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dijadwalkan Tayang Seminggu Tapi Di-take down

"Sayangnya kami harus mengabarkan bahwa LED Ads yang dijadwalkan tayang selama seminggu (15-21 Januari 2024) di Bekasi dan Jakarta tidak dapat lanjut tayang di lokasi tersebut karena suatu jal yang di luar kuasa kami," kata akun Olppaemi Project.

Akun ini juga menyebut tengah mengupayakan solusi terbaik dengan pihak terkait. Ia juga mengajak orang-orang yang tergabung dalam Humanies untuk tidak khawatir dan berjanji akan memberikan update.

Lebih lanjut akun Olppaemi Project juga menyebut saat ini pihaknya tengah dalam koordinasi internal dengan pihak terkait, termasuk advertiser atau penyedia layanan Videotron.

Kepada donatur, Olppaemi Project juga menyebut akan mengirim LPJ dana yang sudah digunakan via email.

3 dari 3 halaman

Jadi Trending Topic

Unggahan tentang Videotron pun jadi salah satu trending topic yang dikicaukan lebih dari 148 ribu kali.

Gara-gara iklan di Videotron ini dibuat oleh pihak yang tidak terafiliasi dengan tim kampanye capres yang bersangkutan, warganet pun memuji Kpopers.

"Kpopers bikin konten Videotron sendiri, urunan duit sendiri, pasang sendiri untuk ABW. Dahsyat dukungan ini," kata sebuah akun Twitter.

Warganet lain menyindir tentang ditakedown-nya iklan Anies Baswedan di Videotron yang digagas oleh para fans ini.

"Kok takut sama Videotron hasil urunan Kpopers?" tulis sebuah akun Twitter.

Warganet lain yang juga turut mendukung Videotron untuk Anies Baswedan pun mencuit.

"Setidaknya kita masih punya kenangannya. Videotron untuk abah. Ditunggu Videotron selanjutnya di tempat lain. Bismillah," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.