Sukses

Garmin Ungkap Olahraga dan Aktivitas Fisik Favorit Orang Indonesia di 2023

Berikut tren kebugaran hingga aktivitas fisik dan olahraga yang paling digemari di 2023, menurut laporan dari Garmin.

Liputan6.com, Jakarta - Garmin Indonesia mengungkapkan olahraga dan aktivitas fisik yang paling digemari penggunanya di dunia pada tahun 2023, melalui laporan teranyarnya.

Laporan Kebugaran Garmin 2023 menyoroti tren kebugaran dan kebiasaan olahraga penggunanya di seluruh dunia.

Berdasarkan catatan dari aplikasi Garmin Connect tahun 2023, terlihat peningkatan signifikan untuk jenis olahraga populer seperti berlari, bersepeda, dan berjalan kaki. Aplikasi juga mencatat tren kenaikan pada aktivitas Pilates, HIIT, dan tenis.

Mengutip siaran pers, Selasa (8/1/2024), ada lima aktivitas yang tercatat memiliki pertumbuhan cukup baik di aplikasi Garmin Connect pada tahun 2023. Lima aktivitas ini adalah lari, jalan kaki, bersepeda, latihan kekuatan, dan kardio dalam ruangan.

Menurut perusahaan, pengguna smartwatch Garmin pun mulai meninggalkan gaya hidup sedentary dan mulai bergerak, di mana ini terlihat dari catatan jumlah langkah rata-rata per hari. Di Indonesia, aplikasi Garmin Connect mencatat rata-rata 5.577 langkah per hari.

Garmin menyebut ini merupakan sebuah kemajuan, karena dibandingkan riset pada 2017, yang menyatakan rata-rata jalan kaki orang Indonesia hanya 3.513 langkah per hari.

Olahraga lari di luar ruang, menurut data aplikasi Garmin Connect, juga menunjukkan peningkatan sebesar 40 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Garmin menyebut, peningkatan ini salah satunya juga berkontribusi dari maraknya lomba lari jalanan yang diselenggarakan di Indonesia.

Selain itu, Garmin juga melihat banyak orang yang mulai pergi ke gym, serta menggunakan alat bantu untuk menunjang kebugaran seperti dumbell dan mesin elliptical atau cross-trainer (X-trainer).

Aplikasi Garmin Connect mencatat, pengguna melakukan 19 persen lebih banyak aktivitas menggunakan peralatan kebugaran pada tahun 2023. Selain itu, tercatat sebanyak dua digit pertumbuhan juga terlihat pada Strength Workout, menaiki tangga, dan aktivitas eliptikal (X-trainer).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

HIIT dan Aktivitas Bantu Kesehatan Mental

Aktivitas populer lainnya yang dicatat oleh Garmin adalah HIIT (High Intensity Interval Training). Ini adalah jenis olahraga intensitas tinggi yang dilakukan dalam durasi 10 sampai 30 menit.

HIIT ditandai dengan latihan interval intensitas rendah dan tinggi secara bergantian.

Misalnya, latihan HIIT menggunakan sepeda stasioner selama 30 detik dengan tingkat hambatan tinggi, lalu diikuti bersepeda lambat dan mudah selama beberapa menit dengan hambatan rendah.

Ini akan dianggap sebagai satu “putaran” atau “pengulangan” HIIT, dan Anda biasanya menyelesaikan 4–6 repetisi dalam satu latihan.

Garmin juga mencatat, lapangan tenis jadi tujuan populer di tahun 2023, dengan terdapat 76 persen peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menurut aplikasi Garmin Connect.

Menurut Garmin, momentum ini mulai terlihat saat pandemi mulai melandai, karena tenis dianggap olahraga yang aman karena bisa dimainkan dengan menjaga jarak.

Tenis dapat memberikan manfaat yang positif untuk kesehatan kardiovaskular. Meski begitu, olahraga ini tetap harus dilakukan dengan hati-hati, mengingat tenis dapat dikategorikan sebagai aktivitas dengan intensitas sedang-berat hingga berat.

Sementara untuk kesadaran akan kesehatan mental, aplikasi Garmin Connect mencatat pertumbuhan dua digit, untuk aktivitas yang terkait kesehatan mental.

Di sini, tercatat terapi pelengkap untuk kesehatan mental yang populer adalah yoga dan pilates. Keduanya memungkinkan seseorang untuk terhubung dengan tubuh dan menumbuhkan kesadaran sekaligus meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan postur.

Keduanya juga mencakup teknik pernapasan untuk membantu meningkatkan suasana hati, membuat merasa rileks, dan tetap fokus.

3 dari 4 halaman

Mengulik Kecanggihan Garmin MARQ Gen 2 Carbon Collection

Garmin Indonesia baru saja menghadirkan MARQ Gen 2 Carbon Collection, dua luxury modern tool watches dengan desain mewah dan fitur unggulan. 

Terdiri dari dua model, yakni MARQ Athlete dan MARQ Golfer, kedua smartwatch ini  memiliki layar sentuh AMOLED dan lensa safir berbentuk kubah. Dengan baterai tahan hingga 16 hari, koleksi terbaru Garmin ini dirancang untuk mendukung setiap petualangan.

Desain premium jam tangan MARQ Gen 2 Carbon Collection ini juga dipadukan dengan material durabilitas tinggi. Dibuat dengan teknologi unik Fused Carbon Fiber, setiap arloji memiliki bezel ringan yang terdiri dari 130 lapisan.

Jam tangan mewah ini menggunakan strap berbahan dasar silikon, dan tambahan strap berbahan FKM Leather di varian Golfer nya.

Pengguna smartwatch ini juga bisa mendapatkan tambahan aksesoris yang berbeda tergantung seri MARQ Gen 2 Carbon Collection yang dibelinya.

Di dalamnya, terdapat fitur navigasi andalan Garmin, lalu ada fitur kebugaran, serta konektivitas yang membuat MARQ Gen 2 Carbon Collection bisa digunakan di segala keperluan. 

Sistem navigasi smartwatch ini mencakup GPS multi-band, peta TopoActive, mode UltraTrac, dan Outdoor Maps+. 

 

4 dari 4 halaman

Fitur Kesehatan dan Kebugaran MARQ Gen 2 Carbon Collection

Di bagian kesehatan dan kebugaran terdapat fitur pemantauan tidur tingkat lanjut, pelacakan stres, Pulse Ox, dan energi Body Battery. Sementara fitur konektivitas, mencakup Smart Notification, deteksi insiden, LiveTrack, dan penyimpanan musik di perangkat.

Setiap tool watches MARQ Gen 2 Carbon Edition ini melewati pengujian ketat untuk memastikan fungsionalitas dalam kondisi sulit, seperti air asin, medan pegunungan, dan cuaca ekstrem. 

MARQ Gen 2 Carbon Collection menggabungkan kemewahan dengan kinerja unggul, menjadikannya pilihan ideal untuk petualangan sehari-hari. Perangkat ini menawarkan masa pakai baterai hingga 16 hari dalam mode smartwatch, dan 6 hari dalam mode always on. 

Dua edisi yang tersedia, MARQ Athlete Carbon Edition dan MARQ Golfer Carbon Edition, hadir dengan beragam fitur dan kustomisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.