Sukses

Cara Dengarkan Lagu di YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain Pakai Fitur Background Streaming di HP Oppo

HP Oppo menghadirkan kemampuan untuk tetap mendengarkan suara dari YouTube sembari membuka aplikasi lain. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Mendengarkan musik atau obrolan podcast dari YouTube mungkin jadi pilihan saat kamu sedang berada di perjalanan.

Kerapkali, lagu-lagu tertentu hanya ada di platform streaming YouTube. Begitu juga dengan obrolan kocak podcast dari komika kesukaan, mungkin hanya ditayangkan di YouTube.

Kadang ketika di perjalanan, rasanya malas untuk memandang layar ponsel terus karena mungkin akan membuat fokus berada di kendaraan atau transportasi umum jadi terganggu.

YouTube memang menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna mendengarkan atau memutar video di latar belakang. Namun, fitur ini terbatas pada pengguna YouTube Premium.

Lalu, bagaimana solusinya? HP Oppo menawarkan sebuah fitur bernama Background Streaming.

Lewat background streaming, pengguna bisa mendengarkan suara video dari YouTube tanpa perlu membuka aplikasi YouTube. Pengguna pun bisa memainkan suara dari YouTube sembari buka aplikasi lain.

Kami mencoba fitur ini di HP Oppo Reno10 5G. Lewat fitur Background Streaming ini, baterai HP juga bisa lebih hemat karena layar pengguna tak melulu menyala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Aktifkan Background Streaming

Berikut cara mengaktifkan Background Streming saat menonton YouTube di Oppo Reno10 5G:

  • Buka aplikasi YouTube di HP Reno10 5G
  • Putar video yang diinginkan, misalnya obrolan lucu dari podcast favorit
  • Geser side menu, yakni menu yang ada di sisi kanan layar, menu ini ditandai dengan warna biru transparan di sisi layar.
  • Ada ada opsi Background Streaming yang ditandai dengan ikon Headset.
  • Setelah mengklik Background Streaming, akan muncul notifikasi yang memperlihatkan "YouTube is Streaming in the background," yang menandakan kalau fitur ini telah diaktifkan.

Untuk menonaktifkan fitur Background Streaming kamu bisa buka lagi aplikasi YouTube dan otomatis fitur ini akan dinonaktifkan.

3 dari 4 halaman

Fitur O Relax untuk Bantu Tenangkan Diri

Terlepas dari fitur di atas, HP Oppo banyak menghadirkan fitur untuk mendukung berbagai kebutuhan pengguna. Salah satunya adalah fitur O Relax yang dapat dipakai untuk mendukung kesehatan mental si pengguna.

O Relax sendiri sudah terpasang secara bawaan di berbagai HP Oppo dengan ColorOS 11 atau yang lebih tinggi.

Cara pakainya, kamu hanya tinggal membuka aplikasi O Relax, sebuah aplikasi dengan background warna hitam dan ikon dua gelombang.

Ketika aplikasi dibuka, pengguna akan langsung melihat menu listen atau dengarkan. Mereka bisa mendengar beragam suara mulai dari perjalanan angkasa, suara sekitar seperti suara suasana pantai, sinar mentari pagi, suasana berkemah, melodi penuh harapan, melodi suasana terang bulan, dan lain-lain.

Coba pilih satu instrumen yang menenangkan diri. Jangan lupa, di sela pekerjaan yang begitu penat, kamu bisa duduk sejenak dan berelaksasi sembari menggunakan O Relax di perangkat Oppo dan earphone.

4 dari 4 halaman

Alunan Musik Sesuai Suasana Kota

Pusatkan pikiran agar tubuh menjadi lebih tenang. O Relax juga dilengkapi dengan beragam efek suara.

Selain itu, pengguna juga bisa mendengarkan suasana di kota-kota populer. Misalnya kota Beijing, Shenzhen, Bangkok, Tokyo, atau Reykjavik.

Khusus kalau kamu mau mendengarkan bisingnya kota Tokyo, kamu bisa memilih suasana Gunung Takao yang terletak di ujung tenggara pegunungan Kanto, 50 Km dari pusat kota Tokyo.

Atau kamu juga bisa ganti suasana di Stasiun Shibamata yang riuh dengan suara kereta dan orang-orang yang berbincang di sana.

Bagi kamu yang suka melakukan relaksasi dengan yoga, musik dan instrumen di O Relax juga bisa kamu gunakan untuk mendukung gerakan-gerakan yoga kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.