Sukses

Tak Perlu Panik, Ini Cara Lacak dan Kunci HP Poco yang Hilang

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara melacak HP Poco yang hilang, sekaligus menguncinya untuk mencegah akses orang tidak bertanggung jawab.

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan smartphone jelas menjadi hal yang menjengkelkan. Terlebih, smartphone kini telah menjadi perangkat andalan yang kerap dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Meski menjengkelkan dan membuat kesal, bukan berarti ketika HP hilang kamu tidak bisa melakukan apa-apa. Sebab, smartphone saat ini sudah dibekali dengan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna melacak ketika perangkat mereka hilang.

Salah satu model smartphone yanga juga dibekali dengan fitur ini adalah Poco. Untuk melacak HP Poco yang hilang, pengguna bisa memanfaatkan akun Xiaomi miliknya untuk melacak atau mengunci perangkat tersebut.

Dengan demikian, pengguna bisa mencegah HP Poco miliknya disalahgunakan oleh orang lain. Namun syarat untuk melakukan hal ini, pengguna sudah memiliki akun Xiaomi dan perangkat itu sudah terhubung dengan Mi Cloud.

Lantas, seperti apa cara melacak HP Poco yang hilang? Simak langkah-langkahnya berikut ini seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima, Rabu (15/11/2023) :

  • Buka situs web Mi Cloud di i.mi.com menggunakan perangkat seperti laptop atau PC
  • Di pojok atas, ada opsi mengganti bahasa. Jadi, kamu bisa mengganti pilihan ke bahasa Indonesia apabila ingin melakukannya
  • Pilih 'Masuk dengan Akun Mi', lalu login
  • Login bisa menggunakan email, nomor hape, atau ID Mi yang terdafar pada akun Mi di perangkat yang hilang
  • Klik 'Cari Perangkat' untuk mulai mencari lokasi smartphone Poco terkini
  • Apabila belum pernah mengunjungi fitur ini, pengguna akan diminta memilih tipe HP yang digunakan
  • Kalau titik lokasi yang muncul berwarna biru, berarti HP dalam keadaan aktif. Namun kalau berwarna abu-abu dan ada tulisan waktu terakhir offline, berarti perangkat sedang tidak aktif dan lokasi itu merupakan lokasi terakhir ketika HP masih aktif
  • Setelah lokasi ditemukan, zoom peta untuk memastikan tingkat keakuratan posisi perangkat

Ketika sudah berada di titik lokasi HP yang hilang, pengguna dapat membunyikannya dengan menekan opsi Bunyi di kiri bawah menu HP yang ditemukan. Suara akan tetap aktif, meski perangkat dalam keadaan silent.

Hanya perlu diingat, fitur pelacakan ini bisa dilakukan apabila fitur Find Device atau Cari Perangkat di HP sudah diaktifkan, lalu lokasi terbaca jika perangkat terhubung jaringan internet. Karenanya, pengguna perlu mengaktifkan fitur itu ketika mencoba melacaknya

Selain itu, saat perangkat hilang, pengguna disarankan untuk melaporkannya ke polisi. Kemudian, pengguna juga harus mengganti password yang digunakan di smartphone itu untuk melindungi keamanan akun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Manfaatkan Fitur Mode Hilang dan Hapus Data di HP Poco

Tidak hanya melacak smartphone Poco, fitur ini juga memiliki opsi Mode Hilang dan Hapus Data. Cara ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan orang lain.

Opsi Mode Hilang digunakan untuk mengunci hape dari jarak jauh. Untuk melakukannya, simak langkah-langkah berikut ini:

  • Pilih "Mode hilang"
  • Tekan "Ganti ke Mode Hilang"
  • Masukkan pesan kehilangan pada menu "Masukkan pesan layar kunci" dan masukkan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Pilih "Kunci"
  • Pilih "Selesai"
  • Mode ini akan mengunci perangkat yang dicari, sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya sampai ada login sukses dengan akun Mi Cloud yang terdaftar.

Sementara untuk menghapus semua data yang ada di perangkat, pengguna bisa memilih opsi Hapus Data. Opsi ini akan menghapus semua file dan data di HP Poco yang hilang untuk mengamankannya dari tindakan jahat. 

Sebagai tambahan, agar bisa berfungsi, fitur Find My Device juga membutuhkan beberapa permission (izin) berikut ini :

  • Access Device Info

Mengakses nomor hape buat melacak perangkat ketika tidak terkoneksi internet. Bila hape tidak terkoneksi internet, lokasi yang diinformasikan tidak real time, melainkan lokasi terakhirnya ketika terhubung internet.

  • Access Location

Akses buat melacak lokasi hape secara real time (membutuhkan koneksi internet).

  • Send SMS

Jika hape mati atau tidak terkoneksi internet, SMS akan dikirim untuk meng-update info soal lokasinya secara rutin. Operator hape akan mengenai biaya untuk pesan ini.

3 dari 5 halaman

Poco C65 Resmi Meluncur, Hadir dengan Kamera Belakang 50MP dan MediaTek Helio G85

Di sisi lain, Poco resmi memperkenalkan smartphone terbarunya untuk pasar global yakni Poco C65. Smartphone ini disebut untuk untuk pengguna generasi muda yang membutuhkan smartphone berperfoma ekstrem dengan harga terjangkau.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (7/11/2023), Poco C65 hadir dengan layar 6,74 inci untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih mulus. Layar smartphone ini mendukung refresh rate 90Hz.

Sebagai pendukung performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh. Untuk dapur pacu, Poco menyematkan chipset MediaTek Helio G85 dengan opsi memori RAM 6GB/ROM 128GB dan RAM 8GB/ROM 256GB.

Smartphone ini tersedia dalam tiga pilihan warna yakni black, blue, dan purple. Beralih ke departemen fotografi, ada kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP dan lensa makro 2MP.

Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 8MP. Poco juga menyertakan soft light ring untuk menciptakan efek cahaya alami ketika mengambil foto dengan kamera depan.

 

4 dari 5 halaman

Spesifikasi Lain Poco C65

HP Poco ini hadir dengan tombol pemindai sidik jari yang berada di bodi samping. Poco membekali smartphone ini dengan port USB Type C dan headphone jack 3,5mm.

Meski sudah diumumkan, informasi soal harga Poco C65 belum diungkap. Ketersediannya pun belum dapat dipastikan termasuk kehadirannya untuk pasar Indonesia.

Sekadar informasi, seri C dari Poco diperkenalkan ke pasar Indonesia sejak 2022 dengan meluncurkan POCO C40. Smartphone ini memang hadir menyasar pengguna muda yang menginginkan perangkat dengan harga terjangkau.  

5 dari 5 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.