Sukses

Komisi Eropa dan ESA Kolaborasi Gunakan Teknologi Luar Angkasa untuk Atasi Perubahan Iklim

Melalui kerja sama dengan Badan Antariksa Eropa (ESA), komisi eropa tegaskan target netral iklim pada 2050 dengan menggunakan teknologi luar angkasa

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Eropa dan Badan Antariksa Eropa (ESA) telah bersatu dalam upaya aksi iklim dari luar angkasa. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan satelit pengamat Bumi dan informasi yang mereka hasilkan guna menghadapi tantangan perubahan iklim yang mendesak.

Mengutip laman resmi Komisi Eropa, Minggu (19/11/2023), langkah ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan pemahaman terhadap sistem iklim Bumi dan memperkuat kemampuan untuk mengambil tindakan yang tepat waktu dan terinformasi dalam mitigasi dan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim. Hal ini sangat relevan dengan agenda Kesepakatan Hijau Eropa.

Dalam menghadapi krisis iklim sebagai tantangan global terbesar, dampaknya meluas ke ekosistem, ekonomi, dan masyarakat kita. Dalam konteks ini, teknologi dan data berbasis ruang angkasa memiliki peran kunci.

Akses terhadap informasi yang dapat dijalankan menjadi krusial dalam memerangi perubahan iklim, mendukung kebijakan dan inisiatif berbasis pengetahuan, serta memastikan bahwa tindakan tersebut sejalan dengan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan manfaat sosial.

Melalui sinergi Badan Antariksa Eropa dan Direktorat Jenderal Komisi untuk Aksi Iklim (CLIMA), keahlian dan sumber daya gabungan digunakan untuk membawa perubahan transformatif.

Program ruang angkasa Copernicus Uni Eropa dan Akselerator Ruang Angkasa untuk Masa Depan Hijau ESA menjadi konteks penting untuk mencapai tujuan ini.

Satelit pengamat Bumi dan data yang mereka hasilkan telah membuktikan menjadi alat dan solusi efektif dalam mendukung pemahaman, pemantauan, mitigasi, dan adaptasi terhadap perubahan iklim.

Kolaborasi ini menciptakan langkah-langkah proaktif untuk menghadapi tantangan global ini dengan dukungan teknologi luar angkasa. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fokus Eropa menjadi Benua Netral Iklim Pertama

Program Copernicus Eropa, melalui data satelitnya, menyediakan informasi sistematis yang mendukung berbagai layanan sehari-hari, termasuk Layanan Perubahan Iklim.

Layanan ini menjadi tonggak penting dalam mendukung kebijakan adaptasi dan mitigasi Uni Eropa dengan menyediakan informasi konsisten dan otoritatif tentang perubahan iklim.

Dengan fokus pada Kesepakatan Hijau Eropa, tujuan utamanya adalah membantu Uni Eropa mencapai status benua netral iklim pertama di dunia pada tahun 2050.

Kumpulan data satelit multidekad dari Inisiatif Perubahan Iklim ESA mendukung Variabel Iklim Esensial untuk mendukung Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perubahan Iklim, memberikan pandangan yang tidak memihak terhadap proses iklim dan dampaknya.

Program FutureEO ESA terlibat dalam pengembangan misi dan konsep satelit perintis, menciptakan cara baru dan imajinatif dalam pemanfaatan pengamatan Bumi untuk mengatasi tantangan lingkungan di masa depan.

Walaupun ESA dan Uni Eropa telah aktif dalam menangani krisis iklim, mereka tetap terbuka untuk lebih banyak langkah. Melihat transisi sektor antariksa, ESA dan CLIMA memperkuat kerja sama mereka, mencari peluang lebih lanjut dalam solusi berbasis ruang angkasa untuk mitigasi dan adaptasi iklim.

Upaya ini melibatkan eksplorasi solusi pemantauan, pelaporan, dan verifikasi yang lebih baik terkait emisi gas rumah kaca, deforestasi, deteksi kebocoran metana, serta membantu mengidentifikasi lokasi pembangkit energi terbarukan.

Dengan langkah-langkah ini, ESA dan Uni Eropa terus bergerak maju dalam menggunakan teknologi antariksa untuk menghadapi tantangan perubahan iklim.

3 dari 4 halaman

Pentingnya Kerja Sama Menanggapi Perubahan Iklim

  1. Inisiatif ini juga mendukung pengembangan perangkat yang dibuat khusus, seperti Pabrik Informasi Transisi Hijau, dan memajukan Peraturan Uni Eropa tentang Penggunaan Lahan, Perubahan Penggunaan Lahan, dan Kehutanan.

Selain itu, inisiatif ini juga akan membantu industri dan organisasi publik dari berbagai sektor untuk menilai risiko dan menerapkan strategi dekarbonisasi.

Direktur Jenderal ESA Josef Aschbacher mengatakan, "Krisis iklim sudah di depan mata, dan kita harus bertindak cepat dan bekerja sama untuk kepentingan Eropa dan tentu saja dunia.”

Ia berharap melalui inisiatif baru ini, semua pihak bisa mengembangkan kerja sama terstruktur yang membuka jalan untuk berbagi informasi, konsultasi timbal balik, dan rencana bersama.

"Dengan memanfaatkan saling melengkapi antara program kami masing-masing, bersama-sama kita akan memajukan ilmu iklim, mendukung implementasi kebijakan dan mendorong inovasi hijau dalam perjalanan menuju Kesepakatan Hijau Eropa dan masa depan yang netral karbon,” kata Josef.

Direktur Jenderal Komisi Eropa untuk Aksi Iklim Kurt Vandenberghe menambahkan, "Ruang angkasa, dan khususnya pengamatan Bumi, menawarkan perspektif unik tentang bagaimana mengatasi tantangan iklim yang dihadapi umat manusia.”

"Teknologi antariksa sangat penting untuk mencapai netralitas iklim dan ketahanan iklim pada tahun 2050. Melalui inisiatif bersama ini, kami berkomitmen untuk mengeksplorasi dan meningkatkan peluang untuk pengembangan dan implementasi yang lebih luas dari solusi berbasis antariksa yang didedikasikan untuk aksi iklim,” tutupnya.

4 dari 4 halaman

Upaya Perusahaan Teknologi dalam Mengatasi Perubahan Iklim

Tak hanya pemerintah, para perusahaan manufaktur teknologi dunia juga perlahan mengejar target netral karbon guna menanggapi ancaman perubahan iklim. Sebut saja Apple, kini telah menerapkan proses manufaktur netral karbon di seluruh lini perakitan perangkat mereka.

Dalam sebuah laporan, Apple menjadi satu-satunya perusahaan yang menetapkan target penggunaan energi terbarukan untuk pemasok kebutuhan perakitan perangkat mereka.

Menurut Gary Cook, direktur kebijakan iklim global di Stand.earth, yang menerbitkan laporan tersebut, merek-merek lain harus menyampaikan target yang jelas pada pemasoknya.

Sementara kompetitornya, Samsung Electronics telah mengumumkan strategi lingkungan baru sebagai bentuk kontribusi dalam mengatasi perubahan iklim.

Samsung memperluas cakupan dukungan lingkungannya dalam C-Lab Outside yang kelima. Ini merupakan program akselerasi startup eksternal perusahaan yang membina dan menemukan perusahaan-perusahaan unggul pencipta teknologi berkelanjutan.

Sekadar diketahui, QuantumCat merupakan perusahaan pertama di dunia yang berhasil mengkomersialkan nanokatalis emas dengan teknologi unik dan inovatifnya.

Penggunaan katalis dapat mengurangi konsumsi energi untuk oksidasi lengkap zat beracun. Tidak hanya itu, katalis juga bisa mencegah pelepasan gas berbahaya secara efektif.

Selain itu, nanokatalis emas QuantumCat dinilai lebih inovatif dibandingkan katalis platinum. Hal yang membedakan keduanya adalah katalis platina dapat melakukan oksidasi sempurna zat beracun, sedangkan nanokatalis emas dapat melakukan oksidasi sempurna karbon monoksida pada suhu kamar.

Penggunaan nanokatalis emas bisa menghemat energi konsumsi, sehingga bisa menjadi solusi ekonomis dan ramah lingkungan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.