Sukses

X Alias Twitter Rilis Fitur Panggilan Audio dan Video, Begini Cara Pakainya

X Alias Twitter akhirnya mengumumkan fitur baru berupa panggilan audio dan video pada para pengguna. Bagaimana cara menggunakannya, yuk simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta - X alias Twitter baru saja merilis fitur baru Twitter yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan audio dan video dengan pengguna lain. Langkah ini telah dikonfirmasi CEO Linda Yaccarino yang ingin memasukkan video chat ke platform mereka pada Agustus lalu.

Beberapa pengguna akan menerima notifikasi yang menyatakan bahwa "Panggilan Audio dan Video telah hadir!" saat membuka aplikasi Twitter.

Dikutip dari Engadget, Senin (30/10/2023), notifikasi ini juga memberikan panduan tentang cara membuka pengaturan panggilan, termasuk mengizinkan atau menonaktifkan panggilan dari pengguna tertentu. Bagaimana cara pakainya?

Rupanya, opsi atau fitur panggilan video atau audio ini dapat ditemukan di bagian pengaturan Direct Message (DM). 

Pengguna memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan pengaturan, mulai dari memperbolehkan panggilan hanya dari pengguna terverifikasi, orang-orang dalam kontak, atau bahkan hanya dari orang-orang yang diikuti.

Meskipun fitur ini memberikan pengguna lebih banyak cara untuk terhubung, X alias Twitter belum memiliki rekam jejak baik dalam menciptakan lingkungan yang aman, terutama bagi komunitas minoritas. Oleh karena itu, tidak heran kalau beberapa pengguna memilih untuk tak memakai fitur ini. 

Selain itu, sejumlah pengguna mungkin tidak menyadari adanya fitur panggilan video dan audio baru ini, karena diaktifkan secara default. Sebaiknya, pengguna dapat mengecek fitur ini dan memutuskan apakah mereka ingin mengaktifkannya atau tidak.

Mungkin orang-orang di Twitter akan memikirkan kembali tentang fitur ini. Namun, jika fitur panggilan video dan audio Twitter ini dianggap penting, akan lebih baik jika pengguna dapat mengaktifkannya sendiri daripada diaktifkan secara otomatis.

Sebagai informasi, fitur ini menandai perkembangan terbaru dalam evolusi Twitter yang bertujuan menjadi platform serba bisa, seperti yang diinginkan oleh Elon Musk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

X Alias Twitter Bikin Fitur Seleksi Masuk Komunitas untuk Pengguna

Baru-baru ini Twitter juga meluncurkan fitur terbaru yang memungkinkan administrator komunitas untuk mengajukan pertanyaan kepada calon anggota sebelum mereka dapat bergabung dengan grup.

Fitur ini diperkenalkan sebagai bagian dari Komunitas Twitter, platform yang bertujuan untuk memfasilitasi koneksi dan interaksi antara pengguna yang memiliki minat dan bahasan serupa.

Fitur baru di Twitter ini memberikan penjagaan pintu masuk grup kepada administrator komunitas di platform tersebut. Dengan fitur ini, administrator grup di Twitter sekarang dapat meminta calon anggota untuk menjawab sejumlah pertanyaan sebelum mereka diizinkan bergabung dengan grup.

Dalam tampilan yang diberikan oleh Twitter, halaman bergabung dengan grup menyajikan pertanyaan, aturan grup, dan konten lainnya, disertai dengan tombol "Setuju dan Bergabung" di bagian bawah. Desain ini mirip dengan platform sosial lain seperti Facebook.

Elon Musk, setelah mengakuisisi Twitter, telah mengungkapkan minatnya untuk mengubah platform ini menjadi aplikasi serba bisa seperti WeChat menurut GizChina, dikutip Selasa (17/10/2023).

Pada tahun lalu, ia mencatat ketertarikannya pada model WeChat dalam sebuah podcast, menyatakan bahwa WeChat menggabungkan fitur-fitur dari Twitter, PayPal, dan banyak hal lainnya dengan antarmuka yang hebat.

Musk diyakini percaya pada konsep integrasi vertikal, dan Twitter diharapkan menjadi contoh yang baik untuk integrasi vertikal di masa depan.

 

3 dari 4 halaman

Apa Itu Komunitas Twitter?

Mengenai Komunitas Twitter, ini merupakan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna membuat dan bergabung dengan grup berdasarkan minat mereka. 

Grup-grup ini dikelola oleh administrator dan moderator komunitas yang bertanggung jawab menjaga aturan, menjaga percakapan informatif, relevan, dan menyenangkan. 

Pengguna dapat terhubung dengan orang lain yang memiliki minat, hobi, tujuan, dan ketertarikan yang sama, menciptakan pengalaman yang bersamaan dengan orang-orang yang memahami mereka.

Fitur ini memungkinkan administrator komunitas mengajukan pertanyaan kepada calon anggota sebelum mereka dapat bergabung dengan grup. 

Hal ini membantu memastikan kesesuaian anggota baru dengan komunitas, menjamin bahwa mereka memiliki minat dan nilai yang sejalan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat disesuaikan oleh administrator sesuai kebutuhan komunitas, dan dapat diatur sebagai wajib atau opsional.

Manfaat Fitur Seleksi Komunitas:

  • Kesesuaian Anggota Baru. Memastikan anggota baru sejalan dengan komunitas yang ada, membantu menjaga kualitas dan relevansi percakapan.
  • Pencegahan Spam dan Troll. Membuat pertanyaan wajib dapat mengurangi masuknya akun spam dan troll ke dalam grup, menciptakan lingkungan yang aman dan ramah.
  • Pertanyaan yang Disesuaikan. Administrator dapat menyesuaikan pertanyaan sesuai kebutuhan komunitas, memberikan kendali atas kriteria anggota yang hendak masuk

Dengan fitur ini, Twitter memberikan alat lebih lanjut kepada administrator komunitas untuk membangun lingkungan yang positif, informatif, dan aman bagi anggotanya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Komunitas di Twitter

Membuat Komunitas Twitter sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Aplikasi atau Situs Web Twitter, Masuk ke akun Twitter kamu dan klik tab "Komunitas."
  2. Pilih opsi "Buat Komunitas."
  3. Berikan nama untuk komunitas kamu dan tambahkan deskripsi singkat.
  4. Tentukan apakah komunitas akan bersifat publik atau pribadi.
  5. Pilih pengaturan keanggotaan, apakah terbuka untuk semua atau terbatas.
  6. Undang orang untuk bergabung dengan komunitas kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.