Sukses

Bos Meta Umumkan Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Punya 2 Akun di 1 Perangkat

WhatsApp mengumumkan pengguna kini bisa mendaftarkan dua akun berbeda di satu perangkat, yang memungkinkan pengguna beralih akun dengan lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengumumkan kehadiran salah satu fitur baru yang dinantikan para penggunanya. Kini, pengguna bisa menambahkan akun WhatsApp lain dalam satu perangkat.

Mengutip informasi dari Engadget, Jumat (20/10/2023), kehadiran fitur baru WhatsApp ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui akun Facebooknya.

"Berganti antara dua akun di WhatsApp--Segera, kamu akan bisa memiliki dua akun WhatsApp di satu aplikasi dalam perangkat," tulis Mark Zuckerberg. Fitur ini jelas membantu para pengguna yang memiliki beberapa akun untuk kebutuhan berbeda, seperti satu kebutuhan pribadi dan satunya untuk pekerjaan.

Dijelaskan lebih lanjut, fitur ini akan bergulir untuk para pengguna dalam beberapa minggu ke depan. Kendati demikian, untuk memanfaatkan fitur ini, WhatsApp menyebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna akun WhatsApp.

Salah satunya adalah pengguna wajib memiliki nomor telepon atau kartu SIM yang berbeda untuk akun tambahan tersebut. Selain itu, nomor telepon itu harus aktif, sehingga memungkinkan pengguna menerima one-time passcode saat ingin masuk ke akun WhatsApp.

Meski nantinya satu aplikasi WhatsApp bisa memiliki dua akun berbeda, notifikasi dan pesan yang diterima akan tetap terpisah. Begitu juga dalam hal keamanan, tiap akun juga akan memiliki privasinya masing-masing.

Perlu diketahui, fitur ini hadir setelah tidak lama WhatsApp merilis fitur yang memungkinkan pengguna memakai satu akun di beberapa perangkat mobile, setelah sebelumnya kemampuan tersebut hanya bisa digunakan di perangkat mobile dan situs web.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ingat, Ini HP Android yang Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp Mulai 24 Oktober 2024

D sisi lain, untuk para pengguna aplikasi WhatsApp di smartphone lawas harus mulai mengecek sistem operasi (operating system/OS) di perangkatnya masing-masing.

Pasalnya mulai 24 Oktober 2023, WhatsApp bakal membatasi aplikasinya untuk dapat berjalan hanya di OS versi tertentu di smartphone Android.

"Perangkat dan perangkat lunak sering berubah, jadi kami secara berkala meninjau sistem operasi mana yang akan kami dukung dan melakukan pembaruan," tulis WhatsApp di laman FAQ-nya.

Menurut aplikasi chatting milik Meta itu, setiap tahunnya mereka meninjau perangkat dan perangkat lunak mana yang paling lama dan dengan jumlah pengguna sedikit, untuk menentukan dukungan apa yang akan disetop.

"Perangkat ini mungkin juga tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp," kata mereka, dikutip Kamis (5/10/2023).

Nah, pada 24 Oktober mendatang, WhatsApp mengumumkan bahwa hanya HP Android dengan OS Android versi 5.0 dan yang lebih baru, yang akan mendapatkan dukungan dari mereka.

Sebelumnya, OS Android minimal yang direkomendasikan untuk aplikasi WhatsApp adalah OS 4.1.

"Mulai 24 Oktober 2023, hanya OS Android versi 5.0 dan yang lebih baru yang akan didukung," tulis perusahaan.

3 dari 5 halaman

Tak Lagi Didukung, Pengguan Harus Perbarui Perangkat

Jadi, buat pengguna HP Android kira-kira masih memakai OS 4.1 atau yang lebih lama, ada baiknya untuk melihat versi berapa sistem operasi yang dipakai saat ini.

Apabila sudah tidak didukung, pengguna HP Android dapat melakukan update OS apabila masih bisa melakukan pembaruan, atau harus mengganti perangkat ke yang lebih baru jika tidak bisa update.

Sementara untuk iPhone, hanya perangkat yang sudah menjalankan iOS 12 dan yang lebih baru, yang masih dapat dukungan. OS lain yang masih didukung aplikasi WhatsApp adalah KaiOS 2.5.0 dan yang lebih baru, termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

4 dari 5 halaman

Aplikasi WhatsApp Bakal Hadir di iPad

Di sisi lain, WhatsApp dikabarkan akan memperluas kehadirannya di perangkat iPad. Informasi ini diketahui berdasarkan laporan terbaru WABetaInfo.

Mengutip informasi dari Android Police, Jumat (22/9/2023), aplikasi WhatsApp untuk iPad dibangun Meta bersama Mac Catalyst. Aplikasi ini diketahui sudah bisa diakses oleh pengguna yang memiliki WhatsApp beta di perangkatnya.

Untuk menjajalnya, pengguna perlu lebih dulu memasang aplikasi TestFlight di perangkat yang ingin dipakai. Setelah itu, pengguna tinggal memindai kode QR di iPad menggunakan akun WhatsApp utama di perangkat mereka.

Begitu terhubung dengan akun utama, seluruh riwayat percakapan pengguna nantinya akan muncul di iPad. Pengguna juga bisa menjalankan aplikasi ini secara mandiri, tanpa perlu perangkat utama terhubung dengan internet.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.