Sukses

Ganjar Pranowo-Mahfud Md Jadi Trending Topic Usai Megawati Deklarasikan Capres-Cawapres Pemilu 2024

Deklarasi capres-cawapres Mahfud Md Ganjar-Pranowo menjadi trending topic di platform X alias Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

"Saya dengan mantap mengambil keputusan untuk bangsa dan negara dengan mengucapkan bismillah, maka cawapres yang dipilih oleh PDIP yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Mahfud Md," kata Megawati di DPP PDIP, Jakarta, Rabu, (18/10/2023).

Deklarasi capres-cawapres Mahfud Md-Ganjar Pranowo ini menjadi trending topic di platform X alias Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com di platform X, hingga berita ini naik, keywords terkait Ganjar Mahfud menjadi trending topic dengan lebih dari 29 ribu cuitan.

Sejumlah warganet pun mengucapkan selamat atas pengumuman ini.

"Selamat prof. Mahfud, demi tegaknya hukum indonesia, demi keadilan yang merata indonesia," cuit @fahm***

"Gas lari kencang untuk Ganjar Mahfud," tulis @artw***

"Selamat berjuang untuk indonesia 2024 Ganjar Mahfud," timpal @milk***

"Selamat atas deklarasi pasangan CAPRES-CAWAPRES Ganjar Mahfud MD," kicau @Bang***

Untuk diketahui, Megawati Soekarnoputri mengumumkan bakal cawapres ini bersama Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang serta seluruh Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo.

Hadir juga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Muhammad Prananda Prabowo serta elite PDIP lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tak Dihadiri Jokowi

Namun, ada yang kurang dari deklarasi Ganjar-Mahfud. Tidak ada Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang merupakan kader PDIP.

Jokowi tidak bisa menghadiri deklarasi Ganjar-Mahfud lantaran sedang berada di Tiongkok dalam rangkaian kunjungan kerja.

Berdasarkan keterangan resmi Setpres, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melanjutkan rangkaian kunjungan kerja hari ketiganya di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Kegiatan pertama yang akan dilaksanakan oleh Jokowi adalah menghadiri Upacara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-3 Belt Road Forum (BRF) di Great Hall of The People, Beijing.

Setelah itu, masih di lokasi yang sama, Presiden Jokowi akan bertemu dan menghadiri jamuan makan siang bersama Chairman of the National People’s Congress.

Sementara itu, Ibu Iriana akan ikut serta dalam rangkaian program pendamping KTT ke-3 BRF mengunjungi China National Arts and Craft Museum untuk melihat kesenian dan kerajinan tangan RRT.

Pada sore harinya, Presiden Jokowi akan menghadiri High-Level Forum and Thematic Forum Event: Connectivity in an Open Global Economy yang akan diselenggarakan di China National Convention Center, Beijing.

Setelahnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya dengan bertolak ke Riyadh, Kerajaan Arab Saudi dari Beijing Capital International Airport.

3 dari 6 halaman

Ganjar-Mahfud akan Daftar ke KPU Kamis 19 Oktober 2023

Bakal capres Ganjar Pranowo dan bakal cawapresnya akan mendaftarkan diri sebagai paslon capres-cawapres, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Kamis (19/10/2023).

Informasi tersebut dibenarkan oleh Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat.

"Benar (tanggal 19)," kata Djarot saat dikonfirmasi, Rabu (18/9/2023).

Sementara terkait waktu atau jam pasti Ganjar dan TPN akan ke KPU, Politikus PDIP Andreas Pareira menyatakan akan dikoordinasikan dengan KPU usai deklarasi cawapres pagi ini.

"Nanti setelah deklarasi, kita koordinasi dengan KPU untuk waktu yang tepat," kata Andreas.

4 dari 6 halaman

Mahfud Md: Mas Ganjar dan Saya Akan Melanjutkan Upaya Cita-Cita Menuju Indonesia Emas 2045

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud Md menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo. Mahfud pun siap mengemban tugas yang diamanatkan kepadanya.

"Adalah kehormatan dan kebanggaan saya diberi amanah tanggung jawab yang besar dan mulia bersama Mas Ganjar meneruskan cita-cita Bung Karno dan para pendiri negara lainnya untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera," kata Mahfud di Kantor DPP PDIP, Rabu, (18/10/2023).

"Bung Karno dan Bung Hatta telah mengantarkan bangsa Indonesia ke pintu gerbang emas kemerdekaan Indonesia. Mas Ganjar dan saya bersama-sama seluruh rakyat akan melanjutkan upaya cita-cita menuju Indonesia Emas 2045."

Mahfud mengatakan, Indonesia Emas 2045 akan terwujud bila memenuhi sejumlah syarat.

"Ideologi bangsa kokoh, ekonomi baik, hukum dan keadilannya ditegakkan, politiknya demokratis, budaya gotong royongnya hidup serta mengedepankan persaudaraan," ucap Mahfud.* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

5 dari 6 halaman

Megawati: Mahfud Md Pendekar Hukum, Pembela Wong Cilik

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud Md menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo. Di mata Megawati, Mahfud adalah sosok yang pantas dan mumpuni jadi cawapres Ganjar

"Pak Mahfud, beliau sosok yang saya sendiri tidak asing beliau pernah menjadi anggota Dewan Pembina di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Jadi saya mengerti jalan pikirannya dan ketika beliau dipilih untuk menjadi Menkopolhukam, saya guyon sama beliau 'Saya ini dari Presiden turun menjadi Ketua Dewan Pembina Ideologi Pancasila', tapi saya bilang kepada beliau enggak apa-apa itu idelogi pancasila, tapi Anda (Mahfud) langsung meroket menjadi anggota kabinet," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Rabu, (18/10/2023).

Megawati menambahkan, pengalaman dan pengetahuan tinggi Mahfud di bidang jadi salah satu pertimbangannya.

"Prof Mahfud, seorang sosok inteletual yang mumpuni. Pengetahuan beliau di masalah hukum sangat penuh dengan pengalaman dan pengetahuan. Sosok dengan pengalaman lengkap di legisliatif, eksekutif, yudikatif."

"Lalu dikenal rakyat sebagai Pendekar Hukum dan pembela Wong Cilik," tambahnya.

6 dari 6 halaman

Infografis Menko Mahfud Md Sentil Isu Netralitas TNI-Polri di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.