Sukses

Apple Rilis Update iOS 16.7.1 ke iPhone yang Tak Terima iOS 17, Pengguna Wajib Install

Apple mengumumkan telah merilis pembaruan iOS 16.7.1 yang menghadirkan dukungan solusi keamanan terbaru untuk iPhone yang tak kebagian iOS 17.

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja menggulirkan iOS 16.7.1 dan iPadOS 16.7.1 untuk para pengguna. Update ini ditujukan untuk pengguna perangkat Apple yang tidak mendapatkan pembaruan iOS 17.

Mengutip informasi dari Apple Insider, Rabu (11/10/2023), Apple tidak mengungkap secara detail pembaruan yang dihadirkan lewat iOS 16.7.1. Perusahaan hanya menyebut update ini menghadirkan solusi keamanan yang penting dan direkomendasikan untuk semua pengguna.

Diketahui, build number untuk update ini adalah 20H30. Untuk melakukan pembaruan, pengguna tinggal membuka menu Settings > General > Software Update untuk mendapatkan pembaruan.

Kendati tidak mengungkap secara detail informasi pembaruan ini, besar kemungkinan update iOS ini membawa pembaruan penting karena menyangkut keamanan. Untuk itu, pengguna disarankan untuk segera melakukan pembaruan.

Sebagai informasi, Apple telah menggulirkan update iOS 17 ke seluruh pengguna iPhone pada pertengahan September 2023. Update ini menghadirkan sejumlah fitur disertai peningkatan fitur

Kendati begitu, tidak semua tipe iPhone bisa mendapatkan update sistem operasi ini. Apple mengumumkan iOS 17 tidak bisa diunduh pengguna iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus yang rilis pada 2017.

Yang berarti, iPhone di bawah atau sebelum iPhone X dan iPhone 8 juga tidak akan mendapatkan update ini. Lantas, apa alasan Apple memutus dukungan iOS 17 untuk perangkat lawas mereka?

Salah satunya adalah agar perusahaan bisa memberikan performa optimal untuk model ponsel sebelum iPhone 15 series, dan tidak memiliki performa setara dengan deretan iPhone dua atau tiga tahun belakangan ini.

Selain itu, sejumlah fitur baru iOS 17 disebutkan belum bisa dijalankan secara optimal lewat kemampuan iPhone lawas yang masih menggunakan chipset A11 Bionic. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah iPhone yang Pakai iOS 17 Dinilai Masih Rendah Walau Sudah Tiga Pekan Rilis

Perlu diketahui, Apple sudah sekitar tiga pekan meluncurkan sistem operasi iPhone terbarunya, iOS 17 untuk seluruh pengguna smartphone tersebut, tepatnya pada 18 September 2023.

Selain itu, Apple juga sudah meluncurkan tiga kali update buat iOS 17, untuk mengatasi beberapa permasalahan yang muncul pada perangkat lunak tersebut.

Meski begitu, sebuah data mengungkap masih rendahnya tingkat adopsi OS baru iPhone ini. Data dari Mixpanel menyebutkan, baru hampir 23 persen model iPhone yang telah menjalankan salah satu dari empat kali rilis pembaruan iOS 17.

Sebanyak 12,13 persen iPhone berjalan di iOS 17.0.2, sementara 6,84 persen telah mengunduh iOS 17.0.3, lalu 1,76 persen menggunakan iPhone dengan versi iOS 17.0.1, dan 2 persen yang tetap menggunakan iOS 17.

Mengutip Phone Arena, Senin (9/10/2023), angka-angka ini masih kurang dari sekitar 45 persen pengguna iPhone, yang telah memakai ponselnya dengan dua kali rilis terakhir iOS 16 yaitu 16.6.1 dan 16.7.

Tren ini sendiri dinilai lebih lambat jika dibandingkan dengan update iOS tahun lalu.

Pada iOS 16, perlu waktu hingga 18 hari setelah dirilis untuk mencapai 29 persen, dengan dibutuhkan sampai empat bulan untuk pengguna iPhone yang memenuhi syarat memasang OS tersebut.

Pada 2018, 70 persen model iPhone yang dapat update iOS sudah memakai iOS 12 sekitar dua setengah bulan, setelah pembaruan diluncurkan.

 

3 dari 4 halaman

Pengguna iPhone Lawas Tak Bisa Jajal Fitur iOS 17

 

Tentu saja, tidak update ke iOS 17 akan membuat pengguna HP iPhone tidak bisa menggunakan fitur-fitur baru yang dihadirkan di OS tersebut.

Sebut saja fitur untuk meninggalkan pesan video di FaceTime, memantau pesan suara yang ditinggalkan secara real-time dengan Live Voicemail, atau membuat Contact Poster.

Selain itu, ada juga fitur iOS 17 berupa StandyBy Mode, yang membuat iPhone menjadi masuk ke mode baru dan berubah jadi seperti "layar pintar", saat perangkat sedang diisi daya dan diletakkan landscape.

Fitur iOS 17 lainnya adalah NameDrop, di mana menggunakan kemampuan komunikasi jarak dekat iPhone, atau NFC, pengguna dapat lebih mudah dalam mentransfer informasi kontak.

4 dari 4 halaman

Apple Rilis Update iOS 17 Buat Atasi Masalah Panas iPhone 15

Sebelumnya, Apple juga merilis update software ke iOS 17 untuk mengatasi sejumlah masalah panas yang dialami pengguna jajaran iPhone 15, seperti yang diumumkan di laman Support-nya, dikutip Sabtu (7/10/2023).

Diketahui, jajaran iPhone 15 yang baru diluncurkan Apple beberapa waktu lalu, sempat dikeluhkan oleh pengguna yang menemukan ponsel mereka terlalu panas saat digunakan.

Kondisi panas itu dilaporkan terjadi saat penggunaan aplikasi tertentu seperti Instagram. Masalah lain yang dilaporkan adalah pemrosesan latar belakang setelah transfer dan bug di iOS 17.

"Pembaruan ini menyediakan perbaikan bug yang penting dan pembaruan keamanan, serta dan mengatasi masalah yang dapat menyebabkan iPhone menjadi lebih hangat dari yang diperkirakan," tulis Apple.

Dalam rincian pembaruan untuk patch ini, Apple mencantumkan dua perbaikan yang ditujukan pada iOS dan iPadOS.

Salah satunya adalah eksploitasi kernel untuk penyerang dengan akses lokal ke perangkat yang menurut Apple "mungkin telah dieksploitasi secara aktif terhadap versi iOS sebelum iOS 16.6."

Ada juga perbaikan untuk bug libvpx, yang menurut CISA, memungkinkan seseorang mengambil alih perangkat dari jarak jauh, yang juga telah ditambal baru-baru ini di aplikasi seperti Chrome dan Firefox.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.