Sukses

6 Fitur di Perangkat Apple untuk Dongkrak Kesehatan Mental, Kamu Wajib Tahu

Apple meluncurkan fitur kesehatan mental baru yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan dukungan kepada para pengguna iPhone, iPad, dan Apple Watch.

Liputan6.com, Jakarta - Masih dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia 2023, Liputan6.com berbagi informasi menarik dan bermanfaat bagi para pengguna perangkat Apple. Terutama berkaitan dengan kesehatan mental.

Apple baru-baru ini meluncurkan fitur kesehatan mental baru yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan dukungan kepada para pengguna iPhone, iPad, dan Apple Watch. 

Mengutip News18, Rabu (18/10/2023), tools baru ini menjadi tambahan dari deretan fitur-fitur yang disediakan oleh Apple sebelumnya.

Berikut beberapa fitur pendukung kesejahteraan mental pada perangkat Apple yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Fitur 'State of Mind'

Fitur baru Apple ini tersedia di iPhone, iPad, dan Apple Watch. Dengan fitur State of Mind, kamu bisa mencatat emosi yang dirasakan saat ini dan suasana hati sehari-hari. 

Dengan melakukan hal ini, kamu bisa memperoleh wawasan berharga mengenai kontributor potensial terhadap kondisi emosi diri sendiri. Misalnya, faktor gaya hidup seperti tidur dan olahraga.

2. Akses penilaian depresi dan kecemasan 

Jika kamu pengguna iPhone atau iPad, kamu dapat mengakses penilaian depresi dan kecemasan yang sering digunakan di klinik untuk memahami tingkat risikonya. Kemudian, kamu dapat membagikan hasil penilaian tersebut kepada ahlinya untuk diskusi lebih lanjut.

3. Aplikasi Mindfulness

Perangkat Apple Watch memiliki aplikasi Mindfulness yang bisa membantu kamu mengatur pikiran. Dengan aplikasi ini, kamu bisa meluangkan beberapa menit sehari untuk fokus, memusatkan perhatian, dan terhubung saat kamu bernapas.

Kamu juga bisa membuat tampilan Breath watch yang mendorong kamu untuk rileks dan bernapas dengan teratur sepanjang hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Atur dan Awasi Waktu Beraktivitas dan Istirahat dengan Perangkat Apple

4. Apple's Fitness+

Apple's Fitness+ menawarkan meditasi untuk membantu kamu mengembangkan rutinitas meditasi secara teratur dan meningkatkan rasa kesejahteraan secara keseluruhan. Ada sepuluh tema yang bisa kamu pilih pada fitur ini. Beberapa di antaranya, Kindness, Gratitude, Awareness, Calm dan Sleep.

5. Sleep

Menurut Apple, tidurr memegang peranan penting, baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Maka dari itu, tidur yang teratur dapat menjaga kesehatan kamu. Fitur ini membantu kamu membuat jadwal dan rutinitas waktu tidur. Dengan demikian, kamu bisa memenuhi target tidur, bahkan di waktu tersibuk sekalipun.

Disebutkan, penelitian terdahulu menunjukkan adanya hubungan antara aktivitas fisik, kesejahteraan mental, dan menghabiskan waktu di luar ruangan.

6. Memantau data kesehatan melalui Apple Watch

Pengguna Apple dapat menggunakan Apple Watch untuk berjalan-jalan atau mendaki dan melihat data di Health App. Tidak hanya itu, Apple Watch juga dapat memberitahu beserta berapa lama kamu menghabiskan waktu di siang hari.

3 dari 4 halaman

iPhone 15 dan Watch Series 9, Dukungan Apple Terhadap Upaya Melawan Perubahan Iklim

Beralih ke perangkat, Apple menjadikan perangkat baru seri mereka, iPhone 15 serta Apple Watch Series 9 dan Ultra 2, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya keberlanjutan lingkungan melawan perubahan iklim.

Seri iPhone 15 Pro dilirik karena menggunakan Titanium Grade 5 pertama di smartphone, dan chipset silikon A17 Pro 3nm.

Apple mengklaim chipset di iPhone 15 Pro membuat ponsel lebih bertenaga dibandingkan kebanyakan komputer desktop, namun tetap lebih hemat energi.

Bahan Titanium membuat ponsel ini lebih ringan dan lebih tahan lama, juga lebih mudah diperbaiki daripada seri sebelumnya karena memiliki struktur aluminium daur ulang di dalamnya.

Selain menggunakan USB Type-C untuk mengisi daya, iPhone 15 juga hadir dengan kobalt daur ulang pada baterainya dan juga bahan netral karbon lainnya. 

4 dari 4 halaman

Apple Watch Series 9 Diproduksi dengan Energi Terbarukan

Selain seri iPhone 15, Apple juga mengenalkan Watch Series 9 yang hadir dengan Apple Silicon S9 dengan daya tahan baterai selama 18 jam. 

Sementara Apple Watch Ultra 2, chip S9 juga menjadi sumber tenaga jam tangan ini, serta menggunakan 95 persen titanium daur ulang dan juga netral karbon.

Langkah ini menunjukkan upaya Apple untuk menjadi netral karbon di seluruh bisnisnya pada tahun 2030. 

Apple Watch Series 9 akan diproduksi sepenuhnya menggunakan energi terbarukan dan sebagian besar akan beralih ke pengiriman melalui laut untuk produknya guna mengurangi jejak karbon. Semua ini akan menjadikan Apple Watch Series 9 sebagai produk netral karbon pertama dari Curpertino. 

Apple juga mengumumkan bahwa mereka akan berhenti menggunakan bahan kulit pada produk Apple yang baru, termasuk tali jam tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini